Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Pembajakan Pesawat Ryanair, Angela Merkel Akan Bahas Dengan Vladimir Putin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 26 Mei 2021, 07:42 WIB
Soal Pembajakan Pesawat Ryanair, Angela Merkel Akan Bahas Dengan Vladimir Putin
Kanselir Jerman Angela Merkel/Net
rmol news logo Kanselir Jerman Angela Merkel akan membahas insiden pembajakan pesawat maskapai Ryanair dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Kemarin, kami tidak memiliki informasi yang diverifikasi tentang peran Rusia, jadi kami menahan diri untuk tidak mengatakan apa pun tentang masalah itu. Jika saya berbicara dengan presiden Rusia, jelas, topik ini akan menjadi agenda," ujar Merkel setelah KTT Uni Eropa pada Selasa (25/5).

Penerbangan pesawat Ryanair menuju Vilnius yang lepas landas dari Athena terpaksa melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Minsk pada Minggu (23/5) setelah dilaporkan adanya ancaman bom.

Pesawat tersebut dikawal ke bandara Minsk dengan jet tempur MiG-29 dan mendarat dengan selamat.

Tidak ada bom yang ditemukan di kapal. Namun otoritas Belarus menangkap Roman Protasevich, seorang jurnalis oposisi di Belarus yang menjadi salah satu penumpang.

Ryanair menyebut insiden tersebut sebagai pembajakan, dengan kemungkinan ancaman bom hanya alasan untuk menangkap Protasevich.

Insiden tersebut membuat Uni Eropa marah hingga melayangkan sanksi untuk Belarus.

Dewan Eropa menuntut pembebasan segera Protasevich dan kekasihnya, Sofia Sapega. Mereka juga meminta agar Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk segera menyelidiki insiden tersebut.

Dewan meminta agar maskapai penerbangan Belarus tidak beroperasi di Uni Eropa, dan semua maskapai Uni Eropa dilarang melakukan penerbangan di wilayah Belarus. Dewan juga setuju untuk menargetkan Belarus dengan sanksi ekonomi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA