Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perdalam Hubungan Persahabatan Politik, China Dan Kuba Sepakat Perkuat Kerja Sama Antar Parlemen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 26 Mei 2021, 15:39 WIB
Perdalam Hubungan Persahabatan Politik, China Dan Kuba Sepakat Perkuat Kerja Sama Antar Parlemen
Li Zhanshu, ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional, mengadakan pembicaraan dengan Esteban Lazo Hernandez, presiden Majelis Nasional Kekuatan Rakyat Kuba, melalui tautan video di Aula Besar Rakyat di Beijing, ibu kota Cina, 25 Mei 2021/Net
rmol news logo China dan Kuba mencapai kesepakatan untuk memperkuat pertukaran dan kerja sama parlemen kedua negara. Kesepakatan itu tercapai setelah ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC) Li Zhanshu mengadakan pembicaraan dengan presiden Majelis Nasional Kekuatan Rakyat Kuba, Esteban Lazo Hernandez, melalui tautan video pada Selasa (25/5) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam pernyataannya, Li meminta kedua belah pihak untuk memperkuat kepercayaan dan persahabatan politik bersama, saling mendukung secara tegas dalam isu-isu yang menyangkut kepentingan inti masing-masing, dan dengan tegas menentang unilateralisme, proteksionisme, serta intimidasi yang disengaja dalam bentuk blokade, sanksi, penindasan, dan penahanan.

“Kita harus memperdalam kerja sama di bidang anti-pandemi dan bidang lainnya termasuk perdagangan, investasi, pertanian, energi baru, pariwisata, dan biofarmasi, sehingga dapat mencapai hasil yang lebih nyata,” kata Li, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (26/5).

Li juga meminta kedua belah pihak untuk memperkuat kerja sama dan memperluas pertukaran antara pimpinan badan legislatif, panitia khusus, kelompok persahabatan dan deputi; menciptakan lingkungan politik dan hukum yang sehat untuk perdagangan dan investasi, dan mendorong implementasi konsensus yang dicapai oleh para pemimpin kedua negara serta kesepakatan kerja sama bilateral.

“Kita harus memperkuat berbagi pengalaman tentang demokrasi, supremasi hukum, pengentasan kemiskinan dan pembangunan, menjaga komunikasi yang erat tentang masalah internasional dan regional utama dan bersama-sama menjaga kepentingan kedua negara kita serta negara berkembang lainnya,” ujarnya.

Lazo pada gilirannya memuji persahabatan berharga antara Kuba dan China, dia juga sempat mengucapkan selamat pada peringatan 100 tahun berdirinya PKC.

“Kuba dengan tegas menganut prinsip satu-China dan menentang campur tangan apa pun dalam urusan dalam negeri China,” kata Lazo, berjanji untuk memperkuat pertukaran parlemen dan mempromosikan pengembangan hubungan bilateral dan kerja sama di berbagai bidang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA