Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polisi Italia Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Kecelakaan Maut Kereta Gantung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 27 Mei 2021, 07:59 WIB
Polisi Italia Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Kecelakaan Maut Kereta Gantung
Gondola jatuh di pegunungan Italia pada Minggu 23 Mei 2021/Net
rmol news logo Kepolisian Carabinieri Italia pada Rabu (26/5) menangkap tiga orang yang dianggap paling bertanggung jawab atas kecelakaan kereta gantung yang menewaskan 14 orang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketiga tersangka dituduh sengaja menonaktifkan rem sebagai perbaikan tambal sulam, yang bisa menghentikan kabin gondola saat kabel yang mengantungnya terputus.

Hal itu terungkap selama proses interogasi polisi yang dilakukan semalam terhadap para tersangka.

Pejabat polisi Carabinieri setempat, Alberto Cicognani, mengatakan kepada stasiun radio Radiotre bahwa saat kecelakaan terjadi, rem darurat telah dinonaktifkan.

“Kantor kejaksaan telah memerintahkan tiga penangkapan karena pencabutan atau penghilangan tindakan pencegahan terhadap kecelakaan di tempat kerja," kata juru bicara kepolisian Carabinieri, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (26/5).

Tiga orang itu dianggap terlibat langsung kecelakaan kereta gantung yang jatuh ke lereng Mottarone.

Jaksa Olimpia Bossi berkesimpulan, operator kereta gantung wisata, yang telah dibuka kembali setelah penutupan Covid-19 pada musim dingin, menggunakan penjepit yang diikat jerigen. Melakukan perbaikan seadanya tanpa mempedulikan resiko kecelakaan yang lebih fatal yang bia saja terjadi.

Namun, Bossi mengatakan masih belum jelas mengapa kabel timah putus atau terkait dengan masalah rem. Tetapi dia mengatakan bahwa penonaktifan rem yang disengaja, yang dilakukan beberapa kali selama beberapa minggu terakhir karena bermasalah terus-menerus, membuat rem menjadi tidak berfungsi.

Setelah kabel timah putus hari Minggu, kabin digulung kembali ke bawah sampai menyentuh tiang dan lepas seluruhnya. Itu jatuh ke tanah dan berguling menuruni lereng gunung sampai terhenti di beberapa pohon.

Kantor berita Italia mengidentifikasi ketiga tersangka sebagai Luigi Nerini, kepala Ferrovie del Mottarone, perusahaan yang mengelola kereta gantung, dan dua manajer lainnya, Gabriele Tadini dan Enrico Perocchio.

Kereta gantung yang tengah mengangkut sejumlah wisatawan dilaporkan jatuh di pegunungan Italia pada Minggu (23/5) waktu setempat. Sebanyak 14 orang penumpang yang sebagian besar anak-anak dilaporkan tewas dalam peristiwa nahas tersebut.

Seorang bocah lelaki berusia lima tahun, satu-satunya yang selamat dari tragedi tetap dalam kondisi serius di rumah sakit. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA