Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hendak Pergi Ke Pasar, Ratusan Penumpang Kapal Tenggelam Dan Hilang Di Sungai Niger

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 27 Mei 2021, 16:27 WIB
Hendak Pergi Ke Pasar, Ratusan Penumpang Kapal Tenggelam Dan Hilang Di Sungai Niger
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sebuah kapal yang mengangkut ratusan penumpang yang hendak pergi ke pasar tenggelam di Sungai Niger, barat laut Nigeria pada Rabu (26/5) waktu setempat.

Pejabat setempat mengatakan, lebih dari 150 orang hilang dan dikhawatirkan tenggelam dalam peristiwa tersebut. Di duga peristiwa itu terjadi karena kapal kelebihan muatan.

"Ketika tenggelam, kapal itu sedang melakukan perjalanan antara negara bagian tengah Niger dan Wara di negara bagian Kebbi barat laut," kata Yusuf Birma, manajer lokal National Inland Waterways Authority, seperti dikutip dari AFP, Kamis (27/5).

"Kapasitas kapal tidak sampai 180 penumpang," kata Birma.

"Saat kami berbicara, hanya 20 orang yang telah diselamatkan hidup-hidup, empat tewas dikonfirmasi sementara 156 orang lainnya masih hilang, dan mereka diyakini berada di bawah air," lanjutnya.

Pejabat lain sebelumnya mengatakan sekitar 140 orang hilang setelah bencana Rabu pagi itu.

Tragedi kapal biasa terjadi di perairan Nigeria, sebagian besar karena kepadatan yang berlebihan, cuaca buruk dan kurangnya perawatan, tetapi korban pada hari Rabu akan menjadi salah satu kecelakaan paling mematikan baru-baru ini.

"Kapal yang terlibat adalah perahu kayu yang sudah tua dan sangat lemah, tetapi orang-orang ini (nakhoda) tidak mau mendengarkan ketika kami membuat mereka peka untuk mengurangi jumlah penumpang yang mereka bawa di perahu mereka," kata Birma.

Dia mengatakan penumpang sedang menuju ke pasar di Malele di wilayah pemerintah lokal Borgu di negara bagian Niger ketika kapal tenggelam satu jam dalam perjalanan.

Administrator distrik setempat Abdullahi Buhari Wara sebelumnya menyalahkan kecelakaan itu karena kelebihan muatan karena kapal itu dimaksudkan untuk mengangkut tidak lebih dari 80 penumpang.

"Kapal itu juga memuat karung pasir dari tambang emas," katanya.

Awal bulan ini, peristiwa serupa juga membuat 30 orang tenggelam ketika sebuah kapal yang kelebihan muatan terbalik di negara bagian Niger.

Niger adalah sungai utama Afrika Barat yang mengalir dalam bentuk bulan sabit melalui Guinea ke Delta Niger di Nigeria dan merupakan rute perdagangan lokal utama untuk beberapa negara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA