Farah.ID
Farah.ID

Rusia Tolak Pesawat Austrian Airlines Terbang Ke Moskow Tanpa Melewati Belarusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 28 Mei 2021, 06:59 WIB
Rusia Tolak Pesawat Austrian Airlines Terbang Ke Moskow Tanpa Melewati Belarusia
Austrian Airlines /Net
Otoritas Rusia menolak akses wilayah udara Austrian Airlines tujuan Wina-Moskow bila maskapai itu mengubah rute perjalanannya.  Penetapan itu menyusul ketegangan yang belakangan ini semakin meluas di Belarusia.

Austrian Airlines mengatakan, mereka membatalkan penerbangan penumpang kargo dari Wina ke Moskow pada Kamis (27/5).

Penerbangan OS601 dari Wina dijadwalkan tiba di Moskow tepat waktu, tetapi papan di bandara Domodedovo mencantumkan penerbangan tersebut 'dibatalkan'. Sebelumnya, maskapai itu menolak  transit melalui wilayah udara Belarusia dalam perjalanan ke Moskow.

Uni Eropa telah mendesak maskapai penerbangannya untuk menghindari Belarus dan wilayah udaranya di tengah kemarahan atas pendaratan paksa Ryanair dalam perjalanan ke Lithuania dari Yunani pada Minggu (23/5).

Seorang perwakilan maskapai penerbangan Austria mengatakan kepada Tass, bahwa saat ini maskapai tersebut menangguhkan penerbangannnya di atas wilayah udara Belarusia hingga pemberitahuan lebih lanjut berdasarkan rekomendasi dari Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA).

"Untuk alasan ini, perlu juga untuk menyesuaikan rute penerbangan dari Wina ke Moskow. Perubahan jalur penerbangan harus disetujui oleh pihak berwenang. Pejabat Rusia tidak memberikan persetujuan mereka kepada kami. Akibatnya, Austrian Airlines terpaksa membatalkan penerbangan hari ini dari Wina ke Moskow," kata pejabat itu, menanggapi pertanyaan tentang tidak adanya penerbangan pada Kamis (27/5) pagi dari Wina ke Moskow.

"UE memutuskan agar dihentikannya semua penerbangan yang melalui wilayah udara Belarusia menyusul pendaratan paksa pesawat Ryanair di Minsk pada 23 Mei. Penerbangan dari Wina ke Moskow, yang dijadwalkan pada 27 Mei, seharusnya tidak terbang di atas Belarusia," lanjut pejabat itu.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA