Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polisi New South Wales Kembali Membuka Penyelidikan Tragedi Kebakaran Kereta Hantu Sydney 1979

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 29 Mei 2021, 11:25 WIB
Polisi New South Wales Kembali Membuka Penyelidikan Tragedi Kebakaran Kereta Hantu Sydney 1979
Dokumen tahun 1979, polisi menyisir lokasi kebakaran kereta hantu di Luna Park/Net
rmol news logo Rasa penasaran keluarga korban dalam tragedi kebakaran wahana kereta hantu Luna Park 1979 mendapat sedikit pencerahan, setelah Komisaris Polisi New South Wales Mick Fuller memberi tahu mereka bahwa polisi sedang melakukan penyelidikan atas tragedi berdarah tersebut.
Berbicara di acara 2GB pada Jumat (28/5) pagi waktu setempat, Fuller mengatakan bahwa keluarga korban memiliki ‘jaminan mutlak’ bahwa kematian akan diselidiki.

“Saya memberikan jaminan mutlak,” ujarnya Fuller, seperti dikutip dari 9News.

“Dan saya telah mengatakan ini, sersan detektif yang menjalankan (penyelidikan) ini adalah salah satu yang terbaik, baru saja menyelesaikan salah satu penyelidikan paling kompleks dalam sejarah NSW,” lanjutnya.

Kebakaran terjadi di Luna Park, Sydney, pada 9 Juni 1979. Melahap habis atraksi kereta hantu pada malam itu. Tujuh orang tewas termasuk enam anak-anak dalam tragedi maut tersebut.

Mereka yang tewas dalam kobaran api termasuk John Godson dan kedua anaknya, Damien dan Craig, bersama dengan empat mahasiswa Waverley College; Jonathan Billings, Richard Carroll, Michael Johnson, dan Seamus Rahilly.

Pada saat itu, penyelidikan polisi memutuskan bahwa tragedi itu adalah akibat dari kerusakan mekanis. Namun penyelidikan baru-baru ini yang dipimpin oleh media ABC mengungkapkan bahwa ada faktor lain yang berpotensi berperan dalam peristiwa itu.

Tuduhan yang dibuat oleh penyiar termasuk bahwa petugas polisi yang korup, tokoh dunia bawah dan anggota geng bikie terlibat dalam penyamaran dan bahwa wahana itu sengaja dibakar, sebuah plot yang didalangi oleh gangster terkenal Sydney Abe Saffron.

Bulan lalu, Pemeriksa NSW Teresa O'Sullivan membuat permintaan resmi kepada Polisi NSW untuk meninjau semua bukti tentang penyebab dan asal api, bersama dengan kematian yang ditimbulkannya.
Sebuah taman peringatan dipasang oleh Luna Park pada tahun 1995, tetapi perlengkapannya hilang selama pembangunan kembali taman tersebut pada tahun 2003.

Sebagai gantinya, sebuah plakat yang mencantumkan orang-orang yang terbunuh ditempatkan di lokasi, tetapi mural yang dijanjikan untuk mengelilingi plakat itu tidak pernah dicat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA