Farah.ID
Farah.ID

Aksi Protes Berlanjut Hingga Blokir Jalan, Kolombia Kerahkan Militer Di Sejumlah Titik

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 30 Mei 2021, 09:55 WIB
Aksi Protes Berlanjut Hingga Blokir Jalan, Kolombia Kerahkan Militer Di Sejumlah Titik
Aksi protes di Kolombia/Net
Aksi protes yang berlangsung di Kolombia membuat pemerintah mengerahkan pasukan militer ke sejumlah departemen pemerintahan untuk mengamankan situasi.

Menurut Kementerian Dalam Negeri, Presiden Ivan Duque telah memerintahkan pasukan militer untuk bersiaga di delapan departemen di tengah protes yang memblokir jalan.

Selain itu, Gubernur Cauca, Valle del Cauca, Narino, Huila, Norte de Santander, Putumayo, Risaralda, dan Caqueta juga telah diinstruksikan untuk mengoordinasikan tindakan polisi dan pasukan militer untuk membuka blokade yang dilakukan oleh pengunjuk rasa.

Keputusan presiden termasuk mewajibkan pemerintah daerah untuk memberlakukan jam malam di wilayah mereka, seperti dikutip Reuters.

Aksi protes di Kolombia sudah dimulai sejak bulan lalu, di mana warga menolak RUU Solidaritas Berkelanjutan yang berisi reformasi pajak. UU tersebut menyebabkan setidaknya 1,5 juta pekerja harus membayar pajak baru.

Saat ini RUU tersebut telah ditangguhkan. Dique meminta Kongres untuk membahas pengaturan baru karena adanya protes.

Meski telah ditangguhkan, para pengujuk rasa yang mayoritas adalah buruh dan mahasiswa, menuntut reformasi yang lebih luas, khususnya pada sektor sosial dan perawatan kesehatan, demiliterisasi kota, serta pembubaran pasukan Skuadron Anti-Gangguan Seluler.

ARTIKEL LAINNYA