Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Protes Berlanjut, Kolombia Catat 20 Ribu Kasus Covid-19 Dalam Sehari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 01 Juni 2021, 08:59 WIB
Protes Berlanjut, Kolombia Catat 20 Ribu Kasus Covid-19 Dalam Sehari
Aksi unjuk rasa di Kolombia/Net
rmol news logo Unjuk rasa besar-besaran yang terjadi di Kolombia yang terjadi sejak akhir April lalu telah memicu krisis kesehatan, dengan lonjakan kasus Covid-19 yang tidak terkendali.

Bulan Mei sendiri menjadi yang paling mematikan bagi Kolombia. Pasalnya hampir 15 ribu kematian dan lebih dari setengah juta infeksi dilaporkan hanya dalam satu bulan.

Kementerian Kesehatan dan Perlindungan Sosial pada Senin (30/5) melaporkan 20.218 kasus harian Covid-19, sehingga jumlahnya menjadi 3.383.279, seperti dikutip Xinhua.

Sementara angka kematian akibat virus corona bertambah 535, sehingga menjadi 88.282 kasus.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh ribuan warga Kolombia sendiri dipenuhi dengan kerusuhan, vandalisme, blokade jalan, hingga bentrokan.

Dilaporkan The City Paper Bogota, pemerintahan Presiden Ivan Duque telah mengaktifkan dekrit 575 pada 18 Mei lalu, di mana militer dikerahkan untuk membersihkan blokade jalan yang dipasang para pengunjuk rasa.

Unjuk rasa yang bermula pada 28 April dipicu oleh RUU reformasi pajak yang dianggap akan menyengsarakan warga miskin. Meski RUU tersebut telah dibatalkan, unjuk rasa terus digelar dengan tuntutan yang lebih luas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA