Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kuburan Massal Muslim Bosnia Era Perang 1992-1995 Kembali Ditemukan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 01 Juni 2021, 10:20 WIB
Kuburan Massal Muslim Bosnia Era Perang 1992-1995 Kembali Ditemukan
Tentara Serbia dipaksa meninggalkan tanah airnya pada tahun 1916. Pada tahun 1918, orang-orangnya ingin mengusir penjajah/Net
RMOL. Pihak berwenang Bosnia dan Herzegovina kembali menemukan sebuah kuburan massal berisi sisa-sisa tulang yang diperkirakan milik warga sipil yang tewas selama Perang Bosnia 1992-1995, pada Senin (31/5) waktu setempat.

Institut Orang Hilang Bosnia dan Herzegovina mengatakan, kuburan massal baru itu ditemukan di desa Dobro Polje di selatan kota Kalinovik.

Anadolu Agency melaporkan, sisa-sisa sedikitnya tiga orang berhasil ditemukan selama penggalian dan mereka diperkirakan adalah Muslim Bosnia yang terbunuh pada tahun 1992-1995 selama Perang Bosnia.

Penggalian masih berlangsung dan akan dilakukan dengan mesin dan manual dengan partisipasi pejabat dari Kantor Kejaksaan dan Badan Penelitian dan Perlindungan Bosnia dan Herzegovina (SIPA).

Menurut data lembaga tersebut, sejauh ini lebih dari 550 kuburan massal telah ditemukan di negara itu.

Dobro Polje sendiri memiliki sejarah kelam yang terkenal dengan Pertempuran Dobro Polje. Pertempuran tersebut terjadi pada tahap awal Serangan Vardar, di Balkan. Pasukan gabungan Serbia, Prancis, dan Yunani menyerang parit yang dikuasai Bulgaria di Dobro Pole atau Dobro Polje (Lapangan Bagus), yang saat itu merupakan bagian dari Kerajaan Serbia (sekarang Makedonia Utara .
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA