Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gaza Pasca Gencatan Senjata: Serangan Roket Sudah Berhenti, Tapi Drone Israel Masih Berkeliaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 02 Juni 2021, 14:27 WIB
Gaza Pasca Gencatan Senjata: Serangan Roket Sudah Berhenti, Tapi Drone Israel Masih Berkeliaran
Jurnalis dan aktivis kemanusiaan di Gaza, Muhammad Husein/Repro
rmol news logo Pekan kedua setelah gencatan senjata antara Israel dan Hamas, situasi di Jalur Gaza mulai kondusif. Warga sudah bisa beraktivitas normal.

Namun, jurnalis Indonesia di Gaza, Muhammad Husein mengungkap, drone atau pesawat tanpa awak milik Israel masih berkeliaran di ruang udara wilayah kantong Palestina tersebut.

"Sampai hari ini, sudah tidak ada lagi serangan-serangan, kita sudah bisa beraktivitas dengan normal. Meskipun seperti yang selalu saya sampaikan bahwa suara-suara drone, pesawat tanpa awak Israel, masih terus terdengar jelas dari tempat saya berada saat ini," ujar Husein dalam diskusi RMOL World View pada Rabu (2/6).

Husein mengatakan, drone tersebut berfungsi untuk memantau seluruh aktivis di Gaza, dan kemungkinan juga mencari data terkait para petinggi Palestina di wilayah tersebut.

Drone Israel di Gaza menurutnya beroperasi setiap hari.

"Dipantau 24 jam sehari, 7 hari per minggu, 12 bulan per tahun oleh drone, pesawat tanpa awak israel," lanjut aktivis kemanusiaan dari International Networking for Humanitarian itu.

Meski hal tersebut merupakan pelanggaran privasi, namun Gaza tidak memiliki sistem pertahanan udara.

"Tapi serangan-serangan roket, tank baja itu sudah berhenti total memasuki minggu kedua ini, alhamdulillah. Kita berharap bisa berjalan untuk waktu lama," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA