Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmi, Dubes Umar Hadi Jadi Warga Kehormatan Kota Seoul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/fadzri-try-utama-1'>FADZRI TRY UTAMA</a>
LAPORAN: FADZRI TRY UTAMA
  • Rabu, 02 Juni 2021, 14:42 WIB
rmol news logo Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, dianugerahi gelar sebagai Warga Kehormatan Kota Seoul (Seoul Honorary Citizen).

Upacara pengukuhan gelar tersebut dilaksanakan di Seoul City Hall pada Rabu (2/6) dan dipimpin oleh Wali Kota Oh Se-hoon. Umar Hadi merupakan Duta Besar RI pertama yang menerima gelar tersebut.

Dubes enerjik ini diganjar gelar Warga Kehormatan Kota Seoul karena dinilai telah berkontribusi besar atas pemajuan hubungan Indonesia dengan Korsel, khususnya dengan Kota Metropolitan Seoul. Sosok Umar Hadi juga dinilai Pemerintah Kota Metropolitan Seoul dapat menjadi teladan bagi warga Seoul dan warga asing lainnya yang berdomisili di Seoul.

 â€œSaya sematkan kehormatan ini kepada Duta Besar Umar Hadi yang telah berkontribusi pada Perkembangan Kota Seoul serta kehidupan penduduk Seoul, memberikan contoh yang sangat baik untuk kedua warga negara dan penduduk asing lainnya. Sekiranya Anda sudah kembali ke Indonesia nantinya, mohon Anda dapat mengunjungi Seoul sesering mungkin karna Anda saat ini merupakan Warga Kehormatan Kota Seoul,” tutur Wali Kota Seoul Oh Se-hoon saat menyematkan lencana kehormatan, seperti dilaporkan KBRI Seoul.

Secara khusus, Dubes Umar dinilai telah berperan besar dalam meningkatkan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Korsel khususnya investasi perusahaan-perusahaan raksasa Korsel ke Indonesia, memperdalam pertukaran budaya kedua negara, serta memperkuat hubungan antara masyarakat Indonesia dengan Korsel, terutama dengan penduduk Kota Seoul.

“Saya menerima penghargaan ini sebagai apresiasi atas kemitraan yang telah dibangun dengan Pemerintah Kota Metropolitan Seoul dan saya dedikasikan sepenuhnya penghargaan tersebut kepada seluruh staff KBRI Seoul. Kiranya ini akan menjadi pemicu bagi jajaran KBRI Seoul dalam meningkatkan kinerjanya guna memajukan hubungan kedua negara,” kata Mantan Konjen RI di LA ini sesaat setelah menerima penghargaan.

Beberapa tokoh dunia yang telah mendapatkan gelar Warga Kehormatan Kota Seoul diantaranya adalah Mantan Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Korsel Christopher R. Hill (2005); Aktor RRT pecinta Korea Selatan Jacky Chan (1999); Presiden RI Joko Widodo (2016); Presiden Estonia Kersti Kalijulaid (2018); Mantan Dubes RRT untuk Korsel Qiu Guohong (2019) dan Raja Spanyol  King Felipe VI (2019).  

Seoul Honorary Citizens diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Metropolitan Seoul  dan Pemerintah Administratif di bawahnya. Selain itu, penerima anugerah  Seoul Honorary Citizen juga diberi hak istimewa untuk mengakses berbagai fasilitas di Kota Seoul.

Proses pemberian gelar Warga Kehormatan Kota Seoul terbilang cukup rumit, melalui seleksi panitia yang sangat ketat. Tahun ini Dubes RI adalah yang pertama disematkan gelar tersebut setelah diajukan oleh Wali Kota Seoul dan mendapatkan persetujuan Dewan Kota Seoul.

Dubes Umar Hadi diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Dubes RI untuk Korsel pada tahun 2017. Ia menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Moon Jae-in pada tanggal 18 Juli 2017.

Selamat kepada Dubes Umar Hadi. Semoga ini menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia yang saat ini bermukim di Korea Selatan.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA