Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia-Uni Eropa Bahu-Membahu Tangani Covid-19, Sepakat Perkuat Sistem Kesehatan Untuk Pandemi Di Masa Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 02 Juni 2021, 14:50 WIB
Indonesia-Uni Eropa Bahu-Membahu Tangani Covid-19, Sepakat Perkuat Sistem Kesehatan Untuk Pandemi Di Masa Depan
Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan, Josep Borrell dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Kemlu
rmol news logo Indonesia dan Uni Eropa satu suara, mendorong nilai-nilai multilateralisme dalam mengatasi pandemi, khususnya melalui skema COVAX dalam distribusi vaksin Covid-19.

Penanganan pandemi sendiri menjadi salah satu agenda yang dibahas dalam pertemuan bilateral Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan, Josep Borrell di Jakarta pada Rabu (2/6).

"Kita sepakat, dalam situasi dunia yang penuh tantangan ini, kerja sama dan kolaborasi menjadi sangat penting artinya." ujar Retno.

Retno mengatakan, kedua pihak sepakat untuk terus mendukung akses vaksin yang adil dan merata melalui skema COVAX yang saat ini masih memerlukan banyak dukungan untuk melipatgandakan produksi vaksin, penggalangan dana, hingga distribusinya.

Ia melanjutkan, Indonesia memberikan perhatian dan apresiasi atas kepemimpinan Uni Eropa dalam mencapai kesetaraan vaksin.

"Saya juga mendorong kerja sama Indonesia-UE dan ASEAN-UE untuk membangun ketahanan kesehatan di kawasan, antara lain melalui penguatan sistem kesehatan, penguatan kapasitas kesehatan, dan penguatan mekanisme kesiapsiagaan dalam menghadapi pandemi di masa mendatang," tambahnya.

Sementara itu, Borrell menegaskan, Uni Eropa berkomitmen terhadap kesetaraan vaksin, dengan berupaya mengatasi kesenjangan pasokan di antara beberapa negara.

Ia menegaskan, tidak ada satu pun yang bisa aman dari Covid-19 sebelum semua orang aman.

"Lebih dari separuh vaksin Covid-19 yang diproduksi di Eropa sudah didistribusikan ke seluruh dunia... Hal ini harus berlanjut," ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA