Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berhasil Luncurkan Vaksin CanSino Produksi Lokal, Pakistan: China Sahabat Sejati Yang Selalu Bantu Di Masa-masa Sulit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 02 Juni 2021, 17:09 WIB
Berhasil Luncurkan Vaksin CanSino Produksi Lokal, Pakistan: China Sahabat Sejati Yang Selalu Bantu Di Masa-masa Sulit
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pakistan melakukan upacara peluncuran vaksin Covid-19 CanSino, yang diproduksi secara lokal oleh Institut Kesehatan Nasional (NIH) pada Selasa (1/6) waktu setempat, berkat kerja sama dengan China.

Hadir dalam upacara peluncuran vaksin yang diberi nama 'PakVac' itu, Asisten Khusus Perdana Menteri Pakistan untuk Kesehatan Faisal Sultan bersama sejumlah pejabat lainnya.

Faisal mengatakan, produksi lokal vaksin CanSino sebagai tonggak sejarah bagi negara tersebut, yang akan mendukung perjuangan Pakistan melawan Covid-19 menuju swasembada dalam hal vaksin Covid-19.

"China adalah sahabat sejati yang selalu mengulurkan tangan membantu Pakistan di masa-masa sulit, dan kerja sama kedua negara dalam memerangi Covid-19 termasuk kerja sama vaksin telah menjadi contoh yang baik bagi negara-negara lain di dunia," ujarnya, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (2/6).

Menteri Perencanaan, Pengembangan, dan Inisiatif Khusus Pakistan Asad Umar yang juga kepala Pusat Komando dan Operasi Nasional membagikan hasil survei yang dilakukan secara lokal pada upacara tersebut, mengatakan bahwa vaksin China termasuk vaksin CanSino adalah yang disukai di negara tersebut karena kualitasnya unggul dan hasil yang efektif.

Sementara Duta Besar China untuk Pakistan Nong Rong mengatakan kerja sama vaksin antara China dan Pakistan tidak hanya secara efektif berkontribusi pada upaya Pakistan dalam memerangi Covid-19 dengan mengurangi ketergantungannya pada impor vaksin, tetapi juga menambah upaya membangun komunitas kesehatan global untuk semua.

"China akan terus mendukung perjuangan Pakistan melawan Covid-19 hingga negara sepenuhnya mengatasi pandemi," kata utusan itu.

Dengan dukungan teknologi dari CanSino, NIH baru-baru ini telah mengisi dan mengemas lebih dari 120.000 dosis vaksin CanSino dosis tunggal menggunakan vaksin massal yang dibeli dari China, pertama kali vaksin Covid-19 diproduksi di negara Asia Selatan.

Vaksin CanSino dikembangkan oleh CanSino Biologics Inc. dan Academy of Military Sciences di China.

Sebelumnya, uji coba vaksin fase ketiga telah dilakukan di Pakistan dan merupakan vaksin Covid-19 China kedua yang disetujui Pakistan untuk penggunaan darurat di negara tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA