Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belajar Dari Korea Selatan, Ketika Inovasi Menyulap Negara Termiskin Jadi Maju

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 03 Juni 2021, 10:51 WIB
Belajar Dari Korea Selatan, Ketika Inovasi Menyulap Negara Termiskin Jadi Maju
Ilustrasi/Net
rmol news logo Korea Selatan merupakan bukti nyata sebuah negara yang berhasil bertransformasi dari negara termiskin menjadi negara maju dengan ekonomi berbasis inovasi.

Menurut mantan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Korea Selatan dan Indonesia merupakan dua negara termiskin di Asia pada tahun 1950-an karena baru selesainya perang.

Namun hari ini, Korea Selatan telah berubah menjadi negara maju yang sangat dipertimbangkan dunia.

"Negara termiskin di Asia tahun 1950 tadi sudah melahirkan handphone yang Bapak/Ibu cari, melahirkan televisi, elektronik yang Bapak/Ibu prioritaskan. Jadi ini luar biasa," ujar Bambang dalam webinar yang digelar Infobank pada Kamis (3/6).

Presiden Komisaris PT Telkom Indonesia itu menegaskan, transformasi Korea Selatan bukan hanya kerja keras dalam sepekan, melainkan bertahun-tahun. Negeri ginseng itu juga fokus pada ekonomi inovasi dengan pengembangan produk.

"Itu jawabannya bukan karena magic. Bukan karena dia ditolong Amerika. Bukan karena dia ditolong hal-hal lain. Dia melakukannya karena usaha sendiri, dimulai sumber daya manusia, kemudian ke R&D, dan berujung pada inovasi dan product development," jelasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA