Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Dan Pakistan Tunjukkan Tanggung Jawab Bantu Pulihkan Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 04 Juni 2021, 15:01 WIB
China Dan Pakistan Tunjukkan Tanggung Jawab Bantu Pulihkan Afghanistan
Pasukan AS di Afghanistan/Net
rmol news logo Sejumlah pakar yang berbasis di Beijing mengatakan bahwa China bersama Pakistan telah menunjukkan tanggung jawab dan tekad dalam membantu keamanan dan pembangunan kembali Afghanistan, setelah penarikan pasukan AS yang menurut mereka tidak bertanggung jawab.

Komentar tersebut datang disaat Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi menjadi tuan rumah Dialog Menteri Luar Negeri Trilateral China-Afghanistan-Pakistan keempat melalui tautan video pada Kamis (3/6) waktu setempat.

Kantor Berita Xinhua melaporkan, dalam pertemuan itu tiga menteri luar negeri mencapai konsensus untuk mempromosikan proses perdamaian di Afghanistan dan kerja sama anti-terorisme dan keamanan.

Selama pertemuan itu, Wang dan Menteri Luar Negeri Afghanistan Mohammad Haneef Atmar dan Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi mencapai konsensus tentang proses perdamaian dan rekonsiliasi Afghanistan, dan kerja sama trilateral.

Pada 14 April, Presiden AS Joe Biden mengumumkan penarikan semua pasukan Amerika dari Afghanistan sebelum 11 September, bersama dengan pasukan NATO.

Ada kekhawatiran yang meningkat tentang situasi keamanan di Afghanistan sejak pengumuman Biden. Pejuang di kedua belah pihak, Taliban dan pemerintah Afghanistan, serta warga sipil dilaporkan tewas dalam jumlah yang terus meningkat sejak awal Mei.

Afghanistan telah menderita selama dua dekade terakhir dan kehadiran pasukan AS di sana tidak membantu mencapai hasil politik yang positif, menurut para analis, mencatat stabilitas politik di Afghanistan akan menjadi masalah besar setelah kepergian AS yang tidak bertanggung jawab.

Pada Selasa, Duta Besar Afghanistan Javid Qaem mengatakan pada pertemuan pers bahwa China dapat memainkan peran utama dalam perdamaian regional. Duta Besar juga mengatakan bahwa Afghanistan bersedia untuk bergabung dengan inisiatif tulus apa pun yang akan membantu memfasilitasi perdamaian di Afghanistan dan kawasan.

“Kondisi saat ini untuk perkembangan damai Afghanistan tidak begitu cerah. Masih banyak ketidakpastian," kata Lu Xiang, seorang peneliti di Akademi Ilmu Sosial China kepada media China Global Times.

Ia menambahkan, . Jika pasukan AS akan pergi tetapi pasukan paramiliter CIA tetap tinggal di negara itu dan mempertahankan hubungan yang tidak jelas dengan angkatan bersenjata lokal di Afghanistan, itu juga akan menjadi bom waktu bagi perdamaian regional.
“Konsultasi dan koordinasi kebijakan di antara tiga pemerintah mengenai perkembangan terbaru di kawasan ini tepat waktu dan vital,” kata Lu, seraya mencatat bahwa sebagai negara yang bertanggung jawab, China dapat menawarkan Afghanistan sebuah platform untuk negosiasi dan dapat mengumpulkan sumber daya dari berbagai mitra untuk mendukung pembangunan negara.

Sementara Zhao Gancheng, seorang peneliti di Institut Shanghai untuk Studi Internasional mengatakan dialog trilateral akan menjadi contoh dan membuka jalan bagi lebih banyak mekanisme dialog regional di Afghanistan.

Dalam percakapan telepon pada pertengahan Mei, Wang Yi mengatakan kepada penasihat keamanan nasional untuk presiden Afghanistan, Hamdullah Mohib, bahwa China siap untuk memfasilitasi negosiasi internal di antara berbagai pihak di Afghanistan, termasuk menciptakan kondisi untuk negosiasi di China.

“China dan Pakistan memainkan peran mempromosikan pembicaraan damai dan menjaga stabilitas, yang juga bertujuan untuk menciptakan kondisi eksternal yang kondusif bagi penyesuaian yang lancar dan konstruktif di Afghanistan,” kata Li Haidong, profesor di Institut Hubungan Internasional Universitas Urusan Luar Negeri China.

“Dialog trilateral juga menunjukkan bahwa rakyat Afghanistan mempercayai Pakistan dan China,” menurut Li.

“China dan Pakistan adalah mitra kerja sama strategis di segala cuaca, yang berarti bahwa kedua negara terikat untuk bekerja sama dalam masalah keamanan penting di Asia Tengah,” katanya.

Masa depan Afghanistan adalah masalah utama yang mempengaruhi keamanan regional dan Afghanistan perlu memajukan konsultasi dengan negara-negara tetangga dengan cara yang sejalan dengan kepentingannya sendiri dan kepentingan tetangganya, kata para ahli.  

“Afghanistan yang stabil akan menjadi oasis di jantung Asia Tengah, dan jika Afghanistan tidak stabil atau menjadi tempat perlindungan bagi para ekstremis dan teroris agama, itu akan menjadi masalah keamanan bagi semua negara di sekitarnya,” kata Li.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA