Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SpaceX Kirim Ribuan Tardigrades Ke ISS Untuk Eksperimen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 04 Juni 2021, 16:24 WIB
SpaceX Kirim Ribuan Tardigrades Ke ISS Untuk Eksperimen
Ilustrasi/Net
rmol news logo Roket Falcon milik SpaceX yang membawa persediaan makanan untuk astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) telah meluncur dari Kennedy Space Center pada Kamis sore (3/6) waktu setempat.

Kargo sebesar 3300 kilogram yang dibawa oleh Falcon bahan makanan seperti lemon, bawang, alpukat, dan tomat ceri untuk tujuh astronot.

Terdapat pula sampel air liur dan bakteri mulut dari pasien gigi yang akan dirawat dengan pasta gigi dan obat kumur dalam eksperimen yang bertujuan menjaga kesehatan mulut astronot di luar angkasa.

Di dalam kargo juga terdapat tiga set panel surya berteknologi tinggi yang dirancang untuk mendukung jaringan lilstrik di ISS.

Nantinya, para astronot akan melakukan dua perjalanan luar angkasa untuk memasang dua panel di samping sayap surya yang telah beroperasi terus menerus selama 20 tahun.

Selain itu, peluncuran itu juga akan membawa 20 ribu tardigrades atau beruang air, 128 bayi cumi, serta tanaman cabai dan bibit kapas.

Tardigrades dapat bertahan hidup di lingkungan ekstrem di Bumi dan bahkan di ruang hampa udara. Mereka diluncurkan dalam keadaan beku, kemudian akan dicairkan dan dihidupkan kembali di ISS.

Eksperimen dilakukan untuk mengidentifikasi gen di balik kemampuan beradaptasi hewan, sehingga para ilmuwan berharap lebih memahami tekanan pada tubuh manusia selama tinggal di luar angkasa.

Sementara cumi merupakan eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara bakteri yang menguntungkan dan inang hewan mereka.

Diperkirakan, kargo tersebut akan tiba pada Sabtu (5/6).

Dilaporkan Stuff, booster tahap pertama baru untuk perubahan, mendarat di platform lepas pantai beberapa menit setelah lepas landas, sehingga dapat didaur ulang untuk penerbangan astronot NASA musim gugur ini.

Manajer program ISS NASA Joel Montalbano mengatakan, perlengkapan tersebut dibutuhkan untuk mengakomodasi meningkatnya jumlah pengunjung yang membeli tiket wisata luar angkasa.

Ini adalah pasokan stasiun ke-22 SpaceX untuk NASA. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA