Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Kepergian AS, Taliban Akui Sudah Menguasai Lima Distrik Di Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 06 Juni 2021, 07:04 WIB
Jelang Kepergian AS, Taliban Akui Sudah Menguasai Lima Distrik Di Afghanistan
Taliban/Net
rmol news logo Taliban mengklaim telah menguasai setidaknya lima distrik di berbagai bagian Afghanistan.

Jurubicara Taliban, Zabihullah Mujahed pada Sabtu (5/6) mengatakan pihaknya telah menguasai beberapa distrik di provinsi selatan, Zabul Uruzgan, serta provinsi tengah dan timur, Ghazni dan Nuristan.

Seperti yang dimuat Anadolu Agency, Kementerian Dalam Negeri Afghanistan membantah klaim tersebut. Jurubicara kementerian Tariq Arian mengatakan pasukan keamanan hanya melakukan "retret strategis" di Zabul.

Sebelumnya, Taliban mengklaim telah menguasai empat distrik di provinsi Maidan Wardak, Baghlan, dan Laghman, yang oleh para pejabat Afghanistan disebut sebagai "retret strategis" untuk menyelamatkan korban sipil.

Klaim tersebut muncul beberapa bulan sebelum tenggat waktu pasukan Amerika Serikat dan negara-negara sekutu meninggalkan Afghanistan yang dimullai pada 1 Mei 2021.

Sementara itu, pejabat setempat mengonfirmasi, setidaknya 20 pasukan keamanan Afghanistan tewas di tiga provinsi berbeda di Afghanistan sehari sebelumnya.

Secara terpisah, lebih dari 10 pasukan keamanan dilaporkan tewas dalam serangan Taliban di provinsi Baghlan dan Samangan pada hari Sabtu.

Setidaknya 30 warga sipil tewas dan lebih dari 70 terluka dalam serangan udara yang dilakukan oleh Angkatan Udara Afghanistan di provinsi Helmand pada Jumat (4/6). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA