Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Perwira Senior Intelijen Irak Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal Di Baghdad

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 08 Juni 2021, 07:14 WIB
Perwira Senior Intelijen Irak Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal Di Baghdad
Para pendukung meneriakkan slogan-slogan saat berbaris menuju pemakaman aktivis anti-pemerintah Irak Ihab Al Wazni, yang dibunuh di pusat kota Karbala pada 9 Mei 2021/Net
Kolonel Nebras Farman, seorang perwira senior dari dinas intelijen nasional Irak, dilaporkan tewas dibunuh di dekat rumahnya di timur ibukota Baghdad pada Senin (7/6) waktu setempat.

Ini adalah yang terbaru dalam gelombang pembunuhan yang ditargetkan yang melanda negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Nasnews, sebuah portal berita online yang dekat dengan Perdana Menteri Mustafa Al-Kadhimi, Kolonel Farman tewas dalam serangan yang dilakukan oleh orang-orang bersenjata tak dikenal di mobilnya di distrik timur Belediyat yang didominasi Syiah.

Farman, seorang Syiah-Kurdi, adalah kepala Audit Keuangan dan Departemen Anggaran badan intelijen.

Menurut laporan Anadolu Agency, Pemerintah Irak telah membentuk komite investigasi atas insiden tersebut.

Pembunuhan yang ditargetkan bukanlah fenomena baru di Irak. Negara ini telah menyaksikan puluhan pembunuhan profil tinggi sejak operasi melawan ISIS dan kelompok ekstremis lainnya diluncurkan.

Maret lalu, seorang kolonel lainnya yang bekerja untuk dinas intelijen Irak dibunuh oleh orang-orang bersenjata tak dikenal. Orang-orang bersenjata yang membawa pistol yang dilengkapi dengan peredam membunuh Letnan Kolonel Mahmoud Laith Hussein di lingkungan barat Baghdad, Mansour.

Beberapa milisi, yang didukung oleh Iran, menuduh dinas intelijen Irak bekerja sama dengan pasukan AS untuk melawan mereka.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA