Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setengah Pasukan AS Telah Tinggalkan Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 08 Juni 2021, 08:19 WIB
Setengah Pasukan AS Telah Tinggalkan Afghanistan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sekitar setengah pasukan Amerika Serikat (AS) telah ditarik dari Afghanistan, menuju tenggat waktu 11 September yang ditetapkan oleh Presiden Joe Biden.

"Kami terus melakukan penarikan pasukan AS yang aman dan disengaja dari Afghanistan atas arahan presiden dan bersama dengan sekutu dan mitra NATO kami," ujar Kepala Komando Pusat AS (CENTCOM) Jenderal Kenneth McKenzie pada Senin (7/6).

Seperti dikutip Sputnik, McKenzie menyebut, AS berencana untuk mempertahankan kedutaan di Kabul atas undangan dari pemerintah Afghanistan.

Namun penjagaan perdamaian di wilayah tersebut akan menjadi tugas pasukan lokal.

Ia juga mencatat bahwa sebagian besar peran AS saat ini di Afghanistan adalah sebagai penasihat keamanan lokal, selain melakukan operasi kontraterorisme.

Penarikan pasukan AS dari Afghanistan didasarkan pada kesepakatan antara Taliban dan Washington pada masa pemerintahan Donald Trump tahun lalu.

Seharusnya pasukan AS meninggalkan Afghanistan pada Mei tahun ini. Namun para pejabat mencapai kesepakatan untuk memperpanjang batas waktu penarikan hingga 11 September, peringatan 20 tahun serangan teror 9/11 di World Trade Center. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA