Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seruan MUI Untuk Presiden AS Joe Biden: Jangan Khianati Janji Tentang Palestina!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 08 Juni 2021, 08:42 WIB
Seruan MUI Untuk Presiden AS Joe Biden: Jangan Khianati Janji Tentang Palestina!
Gedung MUI
rmol news logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengirim surat secara resmi kepada Presiden Amerika, Joe Biden,  terkait tragedi kemanusiaan yang baru-baru ini terjadi di jalur Gaza.

MUI menyerukan agar Biden mengambil langkah-langkah yang jauh lebih konstruktif untuk kemerdekaan bangsa Palestina dan menciptakan perdamaian di kawasan Timur Tengah serta memberikan sanksi kepada Israel atas kekejaman yang dilakukan selama ini.

Surat yang ditanda tangani langsung oleh Ketua Umum MUI KH. Miftahul Akhyar dan Sekjen MUI KH. Amirsyah Tambunan ini sengaja disampaikan kepada Presiden Amerika, mengingat bahwa pemerintah Amerika dalam waktu yang panjang senantiasa memposisikan dirinya sebagai pembela dan pendukung Israel.

Dalam suratnya, MUI menyampaikan, bahwa sejalan dengan isi Pembukaan UUD 1945 Republik Indonesia dan prinsip-prinsip Universal Declaration of Human Rights, MUI menentang dan mengutuk keras tindakan-tindakan teror yang dilakukan oleh siapa paun dan negara manapun.

Tindakan militer Israel terhadap Masjid Al-Aqsha dan rakyat Palestina pada bulan suci Ramadhan yang baru lalu merupakan terror yang sangat keji yang seharusnya tidak sekedar dikutuk, akan tetapi harus dihentikan dan dilawan.

"Pelaku terror harus diberi sanksi seberat-beratnya. Amerika yang selama ini sangat lantang menyerukan perang melawan terorisme global, harus mampu menunjukkan ittikad  yang baik dan berani, bersama-sama dengan negara-nagara lain menghentikan terorisme Israel," ujar MUI.  

MUI mengingatkan janji Biden saat pidato kampanyenya di depan umat muslim Amerika Serikat tanggal 22 Juli 2020  bahwa akan memberikan kesempatan luas kepada umat Islam untuk mengajarkan Islam lebih intensif di sekolah-sekolah AS. Bahkan pada kesempatan itu Joe Biden mengutip hadis nabi Muhammad saw yang artinya 'Barangsiapa yang melihat kemungkaran hendaknya meluruskan dengan tanganya. Bila tidak mampu hendaknya dengan lidahnya. Bila juga tidak mampu hendaknya dengan hatinya'.  

"Umat muslim yang selalu mendambakan keadilan dalam arti yang sesungguhnya,  memperoleh harapan dari pidato Biden ini. Karena itu Biden harus membuktikannya, ujar MUI.

MUI juga mengingatkan kepada Biden bahwa saat terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, Biden  menyampaikan pidato yang sangat penting  berjudul 'America’s Place in the World' pada 4 Februari 2021.  

Dengan sangat meyakinkan, Biden menegaskan sikap kepemimpinan Amerika melawan Otoritarianisme (kedholiman). Biden telah berjanji akan melakukan upaya-upaya diplomatic untuk membela kemerdekaan Palestina, mendukung dan menjunjung tinggi hak asasi manusia, menghormati hukum, dan memperlakukan manusia dengan hormat.  
"Pidato Biden ini juga telah meningkatkan harapan yang semakin tinggi untuk bekerjasama dengan Amerika melawan terorisme dan kedholiman di seluruh dunia, dimana umat muslim selama ini banyak menjadi korban. Majelis Ulama Indonesia bersepakat bahwa kedholiman yang dilakukan oleh pemerintah otoriter di Myanmar dan beberapa negara lainnya sebagaimana yang dinyatakan oleh Biden dalam pidatonya harus segera diakhiri. Janji Preseiden harus ditepati, jangan dikhianati!" tegas MUI.

MUI menyatakan kekecewaan mendalam rakyat dan bangsa Indonesia karena pada kenyataannya Presiden Biden tidak memberikan reaksi menekan Israel untuk menghentikan tindakan-tindakan terror dan kejahatan terhadap rakyat Palestina selama bulan Ramadhan lalu.

Untuk mengembalikan kepercayaan umat muslim di seluruh dunia yang berjumlah lebih dari 1 milyar orang, Biden harus menjadi teladan melawan kedholiman sesuai dengan standar keadilan yang terdapat dalam norma dan hukum internasional yang ada.

Biden harus beritikad baik untuk membangun sebuah kepemimpinan yang objektif dan adil terutama dalam penyelesaian problem Israel-Palestina sebagaimana diamanatkan dalam banyak resolusi PBB.

MUI sebagai kekuatan masyarakat sipil di Indonesia siap bekerjasama dengan Pemerintah Amerika maupun kekuatan sipil lintas agama di Amerika dan seluruh dunia dalam upaya mewujudkan penyelesaian damai Israel-Palestina secara adil dan bermartabat.

MUI juga menyerukan agar Biden berada di garda terdepan mendorong agar Israel diberi sanksi internasional atas kekejaman yang dilakukan selama ini, sebagaimana Amerika telah menghukum siapa saja yang telah dianggap teroris selama ini.

"Keadilan harus benar-benar ditegakkan secara global dan Amerika saat ini berpeluang besar untuk memainkan peran strategis ini!"

MUI berharap agar Biden benar-benar mempertimbangkan masukan dan seruan dari lembaga yang mewakili umat muslim Indonesia ini dan mau mendengar aspirasi inernasional terhadap penyelesaian masalah Israel-Palestina.

MUI percaya bahwa Biden  memiliki peluang yang besar untuk mempin dengan Nurani. Karena itu, pesan moral MUI kepada Biden ini adalah jangan khianati janji.

"Pasca genjatan senjata, haruslah menjadi momentum penting bagi Amerika untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Amerika sungguh-sungguh akan mendorong terwujudnya kemerdekaan Palestina," tulis MUI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA