Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pergerakan Jurnalis Peliput Olimpiade Tokyo Akan Dilacak GPS, Jika Melanggar Ijin Meliput Akan Dicabut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 09 Juni 2021, 13:32 WIB
Pergerakan Jurnalis Peliput Olimpiade Tokyo Akan Dilacak GPS, Jika Melanggar Ijin Meliput Akan Dicabut
Presiden Olimpiade Tokyo 2020 Seiko Hashimoto/Net
rmol news logo Presiden Olimpiade Tokyo 2020 Seiko Hashimoto mengatakan bahwa pihak penyelenggara akan melacak pergerakan jurnalis asing yang meliput dengan GPS, jika melanggar izin mereka akan dicabut.

Sekitar 6.000 reporter yang mengunjungi Jepang untuk Olimpiade harus memberikan daftar rinci area yang akan mereka kunjungi selama dua minggu pertama mereka di Jepang, seperti tempat olahraga dan hotel.

Hashimoto mengatakan bahwa teknologi pelacakan akan digunakan untuk memastikan para jurnalis yang meliput acara yang sempat ditunda karena pandemi Covid-19 itu hanya pergi ke tempat yang seharusnya.

“Untuk memastikan bahwa orang tidak pergi ke tempat lain selain tempat mereka terdaftar, kami akan menggunakan GPS untuk mengatur perilaku mereka secara ketat,” kata Hashimoto sebelum rapat dewan eksekutif Tokyo 2020, seperti dikutip dari AFP, Rabu (9/6).

“Wartawan akan didesak untuk tinggal di hotel yang ditunjuk daripada penginapan pribadi,” tambahnya.

Jumlah hotel akan dikurangi dari yang semula direncanakan 350 menjadi sekitar 150, katanya, karena penyelenggara berusaha menjaga pengunjung di bawah pengawasan ketat.

Atlet juga akan menghadapi pembatasan ketat pada gerakan mereka serta diuji setiap hari untuk virus.

Penggemar luar negeri telah dilarang menghadiri acara tersebut, dan penyelenggara akan memutuskan akhir bulan ini berapa banyak penonton domestik - jika ada - yang dapat menonton kompetisi.

Jepang telah melihat wabah Covid-19 yang lebih kecil daripada banyak negara, tetapi sampai saat ini peluncuran vaksinnya relatif lambat, dengan sekitar 3,5 persen populasi divaksinasi sepenuhnya sejauh ini.

Jajak pendapat nasional cenderung menunjukkan bahwa sebagian besar responden menentang penyelenggaraan Olimpiade musim panas ini, mendukung penundaan atau pembatalan lebih lanjut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA