Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Air Mata Malaikat, Panorama Memanjakan Mata Di Surga Pegunungan Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 10 Juni 2021, 12:10 WIB
Air Mata Malaikat, Panorama Memanjakan Mata Di Surga Pegunungan Taiwan
Air Mata Malaikat/Alvin
rmol news logo Sebagai wilayah yang dipenuhi pegunungan, Taiwan diberkahi dengan keindahan alam yang memanjakan mata. Bagaimana tidak, totalnya terdapat 268 gunung dengan ketinggian lebih dari 3.000 meter di Taiwan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Terdapat beberapa jalur pegunungan di Taiwan yang ingin diperkenalkan oleh Taipei Economic and Trade Office (TETO) kepada masyarakat Indonesia.

Pertama, jalur pegunungan Danau Jiaming. Jalan setapak tersebut mengarah pada Air Mata Malaikat, berada di ketinggian 3.310 meter di atas permukaan laut. Nama Air Mata Malaikat melekat pada Danau Jiaming karena berwarna biru dan terletak di ketinggian. Danau itu juga disebut dengan Safir Tuhan.

Jarak perjalanan pulang-pergi sepanjang jalur Danau Jiaming sekitar 26 kilometer, dengan tingkat kesulitan menengah atas. Di sepanjang jalur terdapat pemandangan Central Mountain Range yang indah. Tumbuh-tumbuhan juga terbentang dari hutan dataran rendah hingga ke bukit padang rumput di dataran tinggi.  

Pemandangannya bervariasi. Jika berlibur ke sana pada musim yang tepat, suasana hutan daun maple merah dan lautan awan di pegunungan tinggi dapat dinikmati.

Apabila ingin menikmati Air Mata Malaikat dengan santai, sebaiknya menginap dua hari satu malam atau tiga hari dua malam untuk menghindari gejala mabuk gunung saat mendaki pegunungan.

Kedua, ada jalur pegunungan yang dikenal dengan "Zhuilu Old Trail" di Hualien. Jalan setapak ini tidak tinggi, hanya sekitar 700 hingga 800 meter di atas permukaan laut dan tingkat kesulitannya menengah bawah.

Namun keunikan Zhuilu Old Trail ini adalah jalur yang dibangun di sepanjang pinggiran tebing gunung marmer. Jika melihat ke atas, maka akan terlihat tebing yang sangat curam setinggi 700 meter, dan ketika melihat ke bawah, akan terlihat jurang tebing dengan kedalaman 500 meter.

Yang paling berbahaya dan mendebarkan adalah lebar jalan setapak di tepi gunung yang hanya bisa dilalui satu orang, dengan memegang tali yang ada di dinding gunung sambil berjalan perlahan agar tidak tergelincir. Zhuilu Old Trail memiliki panjang sekitar 10 kilometer, jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 6 hingga 8 jam.

Ketiga, terdapat jalur pegunungan Jade Mountain Main Peak Trail, puncak utama gunung tertinggi di Taiwan dan Asia Timur, Gunung Yushan, dengan ketinggian 3.952 meter.

Jalan setapak untuk mendaki ke puncak utama Yushan disebut jalur "Tatajia Saddle". Informasi jalurnya paling spesifik, di mana indikator dan langkah-langkah keselamatan di jalan semuanya tersedia. Jalur pulang-pergi dapat ditempuh dengan jarak sekitar 22 kilometer dengan tingkat kesulitan menengah. Biasanya butuh dua hari satu malam untuk melengkapi impian mendaki ke puncak.

Setelah mendaki puncak utama Yushan, bisa menikmati panorama 360 derajat tanpa halangan keindahan pemandangan puncak Yushan, mengagumi suasana puncak timur, selatan, barat, dan utara yang mengelilingi puncak gunung utama. Baik menyaksikan matahari terbit maupun lautan awan di puncak, seakan merasakan sensasi bagaikan raja penakluk dunia.

Sebagian jalur ini berupa dataran datar, kecuali jalur pegunungan pada beberapa ratus meter sebelum mencapai puncak utama yang agak terjal dibutuhkan kedua tangan dan kaki untuk mendakinya.

Selain tiga jalur tersebut, terdapat ratusan jalur indah lainnya di Taiwan. Selain itu, transportasi di seluruh pulau Taiwan sangat nyaman, waktu tempuh menuju pintu masuk jalur hutan ini hanya butuh satu hingga dua jam perjalanan dengan berkendara dari kota-kota besar, sangat praktis dan mudah untuk dijangkau. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA