Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menuju Pertemuan Turki-AS, Menlu Cavusoglu: Ini Sinyal Optimis Dan Akan Menjadi Era Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 10 Juni 2021, 14:11 WIB
Menuju Pertemuan Turki-AS, Menlu Cavusoglu: Ini Sinyal Optimis Dan Akan Menjadi Era Baru
Presiden Joe Biden dan Presiden Recep Tayyib Erdogan?Net
rmol news logo Amerika Serikat berencana akan bekerja sama dengan Turki, tidak hanya dalam masalah Libya dan Suriah, tetapi juga di banyak wilayah dari Mediterania hingga Laut Hitam dan wilayah Kaukasus. Hal itu dikemukakan oleh  Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, dalam wawncaranya dengan TRT Haber pada Rabu (9/6) malam.

Kerja sama itu akan dibahas pada pertemuan mendatang antara Presiden Recep Tayyip ErdoÄŸan dan timpalannya dari AS Joe Biden. Pertemuan ini menjadi sinyal optimis dua negara.

Mevlut juga menyinggung rencana pembelian sistem pertahanan udara Turki. Menekankan jika pada akhirnya nanti AS tidak menjamin rencana itu, maka Turki bisa mendapatkan sistem pertahanan udara dari sekutu lain.

Hubungan antara Turki dan AS menegang pada 2019 karena akuisisi sistem pertahanan udara Rusia S-400 oleh Ankara/ Hal ini yang mendorong Washington untuk mengeluarkan Turki dari program jet F-35 Lightning II-nya.

AS berpendapat bahwa sistem tersebut dapat digunakan oleh Rusia untuk secara diam-diam mendapatkan rincian rahasia pada jet Lockheed Martin F-35 dan tidak kompatibel dengan sistem NATO. Turki, bagaimanapun, menegaskan bahwa S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam sistem NATO dan tidak akan menimbulkan ancaman bagi aliansi.

“Jika AS tidak menjamin Patriot, kami bisa mendapatkan sistem pertahanan udara dari sekutu kami yang lain,” tegas Mevlut dalam pernyataannya.

"Kami melihat bahwa AS ingin bekerja sama dengan kami tidak hanya dalam masalah Libya, Suriah, tetapi juga di banyak wilayah dari Mediterania hingga Laut Hitam dan Kaukasus. Ini menjadi sinyal optimis dan dan pertanda era baru," tutup Mevlut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA