Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Dan Corona Tak Jadi Penghalang, Rusia Tetap Kirim Sistem Pertahanan Rudal S-400 Ke India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 10 Juni 2021, 15:52 WIB
AS Dan Corona Tak Jadi Penghalang, Rusia Tetap Kirim Sistem Pertahanan Rudal S-400 Ke India
Sistem pertahanan udara Rusia, S-400
rmol news logo Rusia dijadwalkan untuk mengirim tahap pertama dari kontrak sistem pertahanan udara S-400 ke India sebelum akhir tahun ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pada Oktober 2018, Rusia dan India menyepakati perjanjian jual-beli 5 unit S-400, dengan jadwal pengiriman diselesaikan pada paruh pertama 2025.

Kontrak tersebut telah menjadi salah satu yang terbesar bagi perusahaan milik negara Rusia, Rosoboronexport, yaitu melebihi 5 miliar dolar AS.

Dutabesar Rusia untuk India Nikolay R. Kudashev mengatakan, jadwal pengiriman S-400 tidak akan terpengaruh oleh pandemi Covid-19.

"Kami tidak melihat ada perubahan (dalam kontrak), dan kepemimpinan India telah mengkonfirmasi komitmennya terhadap perjanjian ini," kata Kudashev kepada wartawan di New Delhi pada Kamis (10/6), seperti dimuat Sputnik.

Hal yang sama juga telah disampaikan oleh Dutabesar India untuk Rusia Bala Venkatesh Varma pada April. Ia mengumumkan, gelombang Covid-19 saat ini di India tidak akan memengaruhi jadwal pasokan S-400 dari Rusia.

"Ada sedikit dislokasi selama beberapa pekan, tetapi semua kontrak utama akan sesuai jadwal, kami tidak mengantisipasi masalah dengan itu," jelasnya.

Pembelian S-400 oleh India dari Rusia menjadi masalah bagi hubungan antara New Delhi dan Washington. AS telah berulang kali mengancam akan menjatuhkan sanksi ekonomi pada India jika kesepakatan tetap dilanjutkan. Namun terlepas dari tekanan tersebut, India dan Rusia tetap melanjutkan kesepakatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA