Farah.ID
Farah.ID

Iran Kirim Kapal Perusak Dan Kapal Intelijen Ke Samudra Atlantik, Untuk Apa?

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 11 Juni 2021, 13:33 WIB
Iran Kirim Kapal Perusak Dan Kapal Intelijen Ke Samudra Atlantik, Untuk Apa?
Kapal perusak milik Iran, Sahand/Net
Iran mengirim dua armada kapal perangnya ke Samudra Atlantik dalam misi. Dua armada tersebut adalah kapal perusak Sahand yang dibangun di dalam negeri dan kapal pengumpul intelijen Makran.

Menurut wakil kepala militer Iran Laksamana Habibollah Sayyari, kapal-kapal itu berangkat dari pelabuhan Bandar Abbas pada bulan lalu.

"Angkatan Laut sedang meningkatkan kapasitas pelayarannya dan membuktikan daya tahan jangka panjanganya di laut yang tidak menguntungkan dan kondisi cuaca Atlantik yang tidak menguntungkan," ujar Sayyari, seperti dimuat Al Arabiya, Jumat (11/6).

Ia mengatakan, kapal-kapal tersebut tidak akan singgah di pelabuhan negara mana pun selama misi tersebut. Tetapi mengutip pejabat AS, Associated Press melaporkan, kapal-kapal itu memiliki tujuan ke Venezuela.

Dari gambar satelit Maxar Technologies, tujuh kapal serang Iran masih berlabuh di dek Makran di Bandar Abbas pada 28 April. Kemudian pada 29 April, gambar satelit dari Planet Labs Inc. menunjukkan bahwa kapal meninggalkan pelabuhan di Bandar Abbas.

Tidak diketahui lokasi kapal-kapal tersebut.

ARTIKEL LAINNYA