Farah.ID
Farah.ID

Dipasok Sistem Satelit Canggih Dari Rusia, Iran Punya 'Mata Elang' Di Kawasan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 11 Juni 2021, 15:24 WIB
Dipasok Sistem Satelit Canggih Dari Rusia, Iran Punya 'Mata Elang' Di Kawasan
Ilustrasi/Net
Rusia dikabarkan akan memasok sistem satelit canggih untuk Iran yang memungkinkan Teheran untuk mengawasi target militer potensial di Timur Tengah dan sekitarnya.

Satelit Kanopus-V buatan Rusia yang dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi disebut oleh sejumlah pejabat Amerika Sekitat (AS) akan diberikan kepada Iran.

Mengutip pejabat-pejabat tersebut, Washington Post memuat, satelit itu dapat memantau kilang minyak di Teluk Persia, pangkalan militer Israel, hingga pangkalan AS di Irak.

"Peluncuran bisa terjadi dalam beberapa bulan," kata mereka.

Pengiriman Kanopus-V disebut merupakan perjanjian yang dinegosiasikan ketika para pemimpin Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) melakukan kunjungan ke Rusia pada 2018.

Baru-baru ini, para ahli Rusia juga melakukan perjalanan ke Iran untuk melatih kru yang akan mengoperasikan satelit tersebut dari fasilitas yang baru dibangun di dekat kota Karaj.

Jika kabar tersebut benar, maka kemungkinan akan menambah ketegangan antara Rusia dan AS. Terlebih, Presiden Vladimir Putin dan Presiden Joe Biden akan bertemu di Jenewa pada 16 Juni.

ARTIKEL LAINNYA