Farah.ID
Farah.ID

Pihak Berwenang Tangkap Polisi Chicago Terkait Kasus Kerusuhan Capitol Hill

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 12 Juni 2021, 08:48 WIB
Pihak Berwenang Tangkap Polisi Chicago Terkait Kasus Kerusuhan Capitol Hill
Massa pro-Trump menerobos masuk ke US Capitol pada 6 Januari 2021 di Washington, DC/Net
Pihak berwenang terus melakukan pencarian para pelaku penyerangan Capitol Hill. Penangkapan terbaru dilakukan pada Jumat (11/6) kepada seorang  polisi Chicago yang ditengarai sebagai pendukung Trump, lebih dari lima bulan pasca penyerbuan Capitol Hill.

Petugas bernama Karol Chwiesiuk (29) itu ditangkap karena diduga ikut menjadi pelaku kerusuhan di US Capitol pada 6 Januari lalu. Jaksa mengatakan, saat kerusuhan terjadi Chwiesuk masuk ke kantor Senator Demokrat AS Jeff Merkley dan melakukan swafoto yang menunjukkan dia mengenakan hoodie dengan logo Departemen Kepolisian Chicago di atasnya.

Akibat ulahnya, Chwiesiuk menghadapi lima tuduhan pelanggaran, termasuk perilaku tidak tertib di gedung Capitol dengan maksud untuk menghalangi proses kongres. Masing-masing tuduhan membawa hingga satu tahun penjara jika dia terbukti bersalah.  

Menurut Chicago Tribune, Chwiesiuk, yang tinggal bersama orang tuanya di Chicago's Northwest Side, ditangkap pada Jumat pukul 8 pagi dan muncul di hadapan Hakim Hakim AS Gabriel Fuentes lewat sidang telekonferensi, yang kemudian membebaskannya dengan jaminan.

Sebagai bagian dari syarat pembebasannya, Chwiesiuk diperintahkan untuk menyerahkan semua senjata api serta kartu identitas pemilik senjata apinya.

Pengacara Chwiesiuk, Timothy Grace, mengatakan dia telah menjadi petugas polisi Chicago sejak 2018 dan baru-baru ini ditugaskan untuk berpatroli di Distrik Harrison.  

"Dia dilucuti dari kekuasaan polisi awal pekan ini dan ditugaskan kembali ke meja tugas," kata Grace.

Chwiesiuk hanya berbicara singkat selama sidang 45 menit, menjawab, "Ya, saya paham" ketika ditanya oleh hakim apakah dia memahami persyaratan ikatannya.

Penampilan awal sidangnya ditetapkan Kamis mendatang di Washington.

Lebih dari 450 orang kini telah ditangkap sehubungan dengan penyerbuan Capitol, termasuk setidaknya 10 orang yang pernah bekerja sebagai petugas polisi dan lebih dari 50 orang yang pernah bertugas di militer, menurut hitungan CBS News.  

Penangkapan penting lainnya terjadi bulan lalu kepada seorang perwira aktif Korps Marinir AS bernsma Christopher Warnagiris (40) yang diduga menerobos garis polisi dan memaksa sebuah pintu terbuka, memungkinkan para perusuh untuk masuk ke dalam Capitol Hill.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA