Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Harian Masih Tinggi, Malaysia Kembali Perpanjangan Lockdown Nasional Hingga 28 Juni 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 12 Juni 2021, 10:06 WIB
Kasus Harian Masih Tinggi, Malaysia Kembali Perpanjangan Lockdown Nasional Hingga 28 Juni 2021
Menteri Pertahanan Ismail Sabri Yaakob/Net
rmol news logo Pemerintah Malaysia kembali memperpanjang penguncian nasionalnya selama dua minggu ke depan, merujuk pada jumlah kasus harian Covid-19 yang tidak mengalami penurunan signifikan.

Pengumuman tersebut disampaikan Menteri Pertahanan Ismail Sabri Yaakob dalam keterangan resmi pada Jumat (11/6) waktu setempat.

"Lockdown fase pertama, yang akan berakhir pada 14 Juni, akan berlanjut hingga 28 Juni," kata Mmenteri, seperti dikutip dari Bloomberg.

"Keputusan untuk memperpanjang dibuat karena kasus infeksi baru mencapai angka lebih dari 5.000 setiap hari," katanya.

Malaysia kembali melakukan penguncian keras bulan ini setelah mengalami infeksi harian melebihi rekor 9.000 pada akhir Mei, membebani sumber daya rumah sakit negara. Hanya sektor-sektor penting yang dapat beroperasi di bawah pembatasan baru yang mulai berlaku 1 Juni lalu, sementara pergerakan dibatasi hingga radius 10 km.

Tingkat infeksi negara itu telah turun sejak tindakan itu diberlakukan, tetap di bawah 1,0 pada Kamis (10/6), data resmi menunjukkan.

"Namun, kasus tetap di atas ambang batas 4.000 harian yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mengakhiri penguncian," kata Menteri Kesehatan Adam Baba pada hari Selasa.

Para pemimpin kerajaan Malaysia akan bersidang pada 16 Juni untuk membahas langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi wabah tersebut. Pertemuan itu diadakan setelah raja memanggil para pemimpin partai secara individu di tengah kemarahan publik atas penanganan pandemi oleh pemerintah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA