Farah.ID
Farah.ID

Presiden Tsai Ing-wen: Vaksinasi Covid-19 Untuk Masyarakat Umum Taiwan Dimulai Juli 2021

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 12 Juni 2021, 16:47 WIB
Presiden Tsai Ing-wen: Vaksinasi Covid-19 Untuk Masyarakat Umum Taiwan Dimulai Juli 2021
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen/Net
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan bahwa program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum dapat dimulai pada Juli mendatang, merujuk pada semakin stabilnya pasokan vaksin negara itu.

Dalam sebuah wawancara radio, presiden mengatakan bahwa karena Taiwan telah menandatangani kontrak untuk total 20 juta dosis dan 2 juta akan digunakan pada bulan Juni, vaksinasi untuk masyarakat umum dapat dimulai bulan depan, demikian dilaporkan Taiwan News, Jumat (11/6).

Saat ini, hanya kelompok prioritas, seperti staf rumah sakit garis depan, yang diizinkan untuk menerima suntikan Covid-19, meskipun pertanyaan telah diajukan tentang klinik swasta yang diduga memberikan vaksin kepada VIP.

Tsai menjelaskan bahwa produsen vaksin mengalami kesulitan untuk memenuhi permintaan, dan karena vaksin memiliki tanggal penjualan, dosis tidak boleh tiba sekaligus.

"Dua dari lokasi produksi utama untuk vaksin AstraZeneca adalah India dan Thailand, tetapi kedua negara harus menghadapi wabah Covid-19 yang parah, meninggalkan lebih sedikit dosis yang tersedia untuk ekspor ke negara-negara seperti Taiwan," kata Tsai.

 "Untungnya, Amerika Serikat dan Jepang dapat membantu," tambahnya.

Presiden juga mengatakan bahwa pendaftaran umum untuk vaksin akan segera dimulai, menyerukan kepada masyarakat untuk mendaftar dan melakukan vaksinasi ketika saatnya tiba.

Taiwan telah berjuang melawan lonjakan transmisi lokal, dengan rata-rata lebih dari 200 kasus baru setiap hari. Sementara itu, impor vaksin mengalami kendala.

Produksi vaksin dalam negeri diharapkan segera dimulai, karena satu produsen telah menyelesaikan uji klinis fase II dan yang lain telah menerapkan untuk memproduksi suntikan Moderna di Taiwan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA