Farah.ID
Farah.ID

Dibalut Bendera Kanada, Jenazah Keluarga Muslim Korban Teror Islamofobia Dimakamkan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 Juni 2021, 06:40 WIB
Dibalut Bendera Kanada, Jenazah Keluarga Muslim Korban Teror Islamofobia Dimakamkan
Empat jenazah keluarga Muslim korban serangan pembunuhan di Kanada disholatkan/Net
Pemakaman empat anggota keluarga Muslim yang menjadi korban serangan Islamofobia di Kanada dipenuhi warga.

Satu keluarga Muslim yang bermigrasi dari Pakistan 14 tahun lalu menjadi sasaran pembunuhan brutal, ketika truk yang seberat setengah ton dengan sengaja menabrak mereka ketika berjalan di London, Ontario pada 6 Juni.

Mereka adalah Madiha Salman (44 tahun), suaminya Salman Afzaal (46 Tahun), putri mereka Yumna Afzaal (15 tahun), dan ibu Salman yang berusia 74 tahun, Talat Afzaal.

Madiha adalah seorang mahasiswa PhD, Salman seorang fisioterapis yang bekerja dengan senior, Yumna seorang siswa berprestasi di sekolah Muslim, dan Talat seorang seniman dan guru sekolah.

Anak laki-laki berusia 9 tahun dari pasangan itu, Fayez Afzaal, berhasil selamat namun dirawat di rumah sakit karena cedera serius.

Seorang pria berusia 20 tahun yang mengemudikan telah didakwa dengan empat tuduhan pembunuhan tingkat pertama dan satu tuduhan percobaan pembunuhan. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau sendiri menyebut tragedi tersebut sebagai aksi terorisme.

Ribuan orang mendatangi pemakaman di kota Toronto. Lebih banyak lagi membanjiri jalan-jalan saat prosesi pemakaman dilakukan di Islamic Center of Southwest Ontario yang berlangsung satu jam.

Empat jenazah disholatkan dengan bendera Daun Maple Kanada.

Para pelayat diminta untuk memakai pita ungu dan hijau. Ungu adalah warna favorit Yumna, sedangkan hijau sering dikaitkan dengan Islam.

"Ini terlalu memilukan," ujar walikota London, Ed Holder, seperti dimuat Anadolu Agency.

Penghormatan serupa juga dilakukan oleh warga di kota-kota Kanada lainnya selama akhir pekan.

Pemakaman itu disiarkan langsung di stasiun berita TV Kanada dan disiarkan di situs web.

ARTIKEL LAINNYA