Farah.ID
Farah.ID

Joe Biden Luncurkan Proyek Build Back Better World, Tandingan Belt And Road Initiative Milik China

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 Juni 2021, 06:55 WIB
Joe Biden Luncurkan Proyek Build Back Better World, Tandingan Belt And Road Initiative Milik China
Presiden AS Joe Biden/Net
Sebuah megaproyek yang telah lama disiapkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk melawan pengaruh China akhirnya diluncurkan.

Build Back Better World (B3W) dikenalkan oleh Biden saat KTT G7 di Cornwall, Inggris pada Sabtu (12/6). Proyek itu menjadi alternatif Belt and Road Initiatives (BRI) milik China.

B3W merupakan inisiatif yang akan memberikan kemitraan infrastruktur yang transparan senilai 40 triliun dolar AS untuk membantu negara-negara berkembang pada 2035.

Proyek itu akan didanai oleh negara-negara G7, serta penggalangan dana publik dan swasta. Selain untuk meningkatkan infrastruktur, proyek itu juga akan mendorong kemajuan negara-negara di bidang kesehatan, teknologi, iklim, dan kesetaraan gender.

"Ini bukan hanya tentang menghadapi atau melawan China. Tetapi sampai sekarang kami belum menawarkan alternatif positif yang mencerminkan nilai-nilai kami, standar kami, dan cara kami melakukan bisnis," ujar seorang pejabat AS, seperti dimuat The Guardian.

Selama ini, skema BRI milik China telah banyak dikritik karena dianggap menjadi "jebakan utang" bagi negara-negara berkembang, sehingga mereka lebih tunduk pada Beijing.

Dari database Refinitiv, BRI sudah memiliki lebih dari 2.600 proyek dengan nilai 3,7 triliun pada pertengahan tahun lalu. Kementerian Luar Negeri China pada Juni 2020 mengungkap, sekitar 20 persen proyek BRI terkena dampak serius dari pandemi Covid-19.

ARTIKEL LAINNYA