Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bill Gates: AS Harus Perbanyak Reaktor Nuklir Untuk Atasi Perubahan Iklim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 Juni 2021, 09:14 WIB
Bill Gates: AS Harus Perbanyak Reaktor Nuklir Untuk Atasi Perubahan Iklim
Bill Gates/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) perlu menambah reaktor nuklir jika serius berupaya menyelesaikan masalah perubahan iklim.

Demikian pesan yang disampaikan oleh miliarder Bill Gates ketika berbicara di Majelis Energi Nuklir yang digelar asosiasi industri perdagangan nuklir AS, seperti dimuat Sputnik, Sabtu (12/6).

"Jika kita serius untuk menyelesaikan perubahan iklim, dan terus terang kita harus melakukannya, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga agar reaktor tetap beroperasi," ujar pendiri Microsoft itu.

"Meski begitu, mempertahankan status quo saja tidak cukup. Kita membutuhkan lebih banyak tenaga nuklir hingga emisi nol persen di Amerika dan untuk mencegah bencana iklim," lanjutnya.

Pria 65 tahun itu telah menyumbangkan lebih dari 50 miliar dolar AS untuk kegiatan filantropi sejak 1994. Dalam beberapa tahun terakhir, ia memusatkan perhatian pada perubahan iklim dengan mempelopori beberapa inisiatif pada penelitian dan pengembangan energi bersih.

Menurut Administrasi Informasi Energi, AS dapat membuat rekor jumlah terbesar dari reaktor nuklir pada 2021.

Perusahaan yang didirikan oleh Gates, TerraPower, sedang membangun pembangkit listrik tenaga nuklir generasi berikutnya menggunakan teknologi Natrium.

Pada Oktober lalu, Departemen Energi AS menginvestasikan 80 juta di TerraPower serta perusahaan lain yang memproduksi pembangkit nuklir generasi berikutnya.

Namun, argumen Gates bahwa tenaga nuklir akan membantu dunia menghadapi perubahan iklim dan mencapai nol emisi pada tahun 2050 telah dibantah oleh para ilmuwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA