Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China: G7 Sudah Ketinggalan Zaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 Juni 2021, 13:27 WIB
China: G7 Sudah Ketinggalan Zaman
Para pemimpin negara-negara G7 bertemu di Cornwall, Inggris/Net
rmol news logo China mengecam pertemuan para pemimpin negara-negara G7 di Cornwall, Inggris. Beijing menyebut KTT tersebut sudah ketinggalan zaman.

Lewat pernyataan dari jurubicara Kedutaan Besarnya di London, China mengatakan merupakan saat ketika dunia didikte oleh sekelompok kecil negara. Namun semua itu sudah lama berlalu.

"Hari-hari ketika keputusan global didikte oleh sekelompok kecil negara sudah lama berlalu. Kami selalu percaya bahwa negara, besar atau kecil, kuat atau lemah, miskin atau kaya, adalah sama. Dan bahwa urusan dunia harus ditangani melalui konsultasi oleh semua negara," ujar kedutaan, seperti dimuat Sputnik.

KTT G7 tahun ini digelar selama tiga hari dengan tema besar seputar mengatasi tantangan global, mulai dari pandemi Covid-19 hingga agresivitas China dan Rusia.

Pernyataan kedutaan China muncul setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendesak para pemimpin G7 untuk membuat pernyataan kuat terkait laporan kerja paksa di Xinjiang.

Biden bahkan memperkenalkan proyek Build Back Better World (B3W), sebagai tandingan dari Belt and Road Initiatives milik China.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga meminta negara-negara G7 merancang pendekatan terpadu dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA