Farah.ID
Farah.ID

Bantah Laporan Akan Kirim Satelit Canggih Ke Iran, Putin: Informasi Sampah

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 Juni 2021, 14:11 WIB
Bantah Laporan Akan Kirim Satelit Canggih Ke Iran, Putin: Informasi Sampah
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
Presiden Vladimir Putin membantah laporan media Amerika Serikat (AS), The Washington Post, yang menyebut Rusia akan mengirim sistem satelit canggih ke Iran untuk meningkatkan kapasitas intelijennya.

Pada 10 Juni, The Washington Post menyebut Moskow sedang mempersiapkan untuk memberi Iran sebuah satelit Kanopus-V dengan kamera resolusi tinggi. Satelit itu dipercaya mampu mengembangkan kemampuan Iran untuk memantau fasilitas musuh-musuhnya di Timur Tengah.

Mengutip pejabat AS, laporan itu menyebut peluncuran satelit dapat dilakukan dalam beberapa bulan ke depan.

Pengiriman Kanopus-V disebut merupakan perjanjian yang dinegosiasikan ketika para pemimpin Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) melakukan kunjungan ke Rusia pada 2018.

Baru-baru ini, para ahli Rusia juga melakukan perjalanan ke Iran untuk melatih kru yang akan mengoperasikan satelit tersebut dari fasilitas yang baru dibangun di dekat kota Karaj.

Namun dalam sebuah wawancara pada Jumat (11/6), Putin menegaskan ia tidak memiliki rencana tersebut.

"Itu hanya berita palsu. Paling tidak, saya tidak tahu apa-apa tentang hal semacam ini. Mereka yang membicarakannya mungkin akan tahu lebih banyak tentangnya. Itu hanya omong kosong, sampah," tegas Putin, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Klarifikasi dari Putin muncul menjelang pertemuannya dengan Presiden Joe Biden di Jenewa, Swiss pada 16 Juni nanti.

ARTIKEL LAINNYA