Farah.ID
Farah.ID

WHO: Sumbangan G7 Tidak Cukup, Dunia Butuh 11 Miliar Dosis Vaksin Untuk 70 Persen Populasi

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 14 Juni 2021, 10:31 WIB
WHO: Sumbangan G7 Tidak Cukup, Dunia Butuh 11 Miliar Dosis Vaksin Untuk 70 Persen Populasi
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus/Net
Sumbangan 1 miliar dosis vaksin Covid-19 yang dijanjikan oleh G7 masih jauh dari cukup untuk kebutuhan memvaksinasi masyarakat dunia.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus menyambut baik pengumuman G7 untuk memberikan vaksin pada negara-negara yang membutuhkan. Namun Tedros menekankan, dunia masih membutuhkan lebih banyak dan lebih cepat.

"Tantangannya, saya katakan kepada para pemimpin G7, adalah bahwa untuk benar-benar mengakhiri pandemi, tujuan kita harus memvaksinasi setidaknya 70 persen populasi dunia pada saat G7 bertemu lagi di Jerman tahun depan," jelas Tedros saat ikut dalam KTT G7 di Cornwall, Inggris pada Sabtu (13/6).

“Untuk melakukan itu, kita membutuhkan 11 miliar dosis,” tambahnya, seperti dimuat Shanghai Daily.

Ia menekankan, penting bagi negara-negara untuk sementara waktu mengesampingkan perlindungan kekayaan intelektual atas vaksin Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut. Tedros menegaskan kembali targetnya untuk memvaksinasi 30 persen dari populasi pada akhir tahun 2021. Untuk mencapai target ini diperlukan 100 juta dosis pada Juni dan Juli, serta 250 juta dosis lainnya pada September.

Komitmen 1 miliar dosis vaksin Covid-19 dari G7 sendiri terdiri dari 500 juta dosis berasal dari AS dan 100 juta dari Inggris.

ARTIKEL LAINNYA