Farah.ID
Farah.ID

Pecah Rekor, Situs Lelang Selandia Baru Berhasil Jual Tanaman Hias Monstera Mini Seharga Rp 355 Juta

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 14 Juni 2021, 11:11 WIB
Pecah Rekor, Situs Lelang Selandia Baru Berhasil Jual Tanaman Hias Monstera Mini Seharga Rp 355 Juta
Tangkapan layar ini menunjukkan harga tanaman pemenang dalam dolar Selandia Baru/Net
Sebuah situs lelang di Selandia Baru, Trade Me, memecahkan rekor karena berhasil menjual tanaman hias Rhaphidophora Tetrasperma berdaun sembilan seharga 25.094 dolar AS (sekitar 355 juta rupiah).

Jika dilihat sepintas, Rhaphidophora Tetrasperma yang memiliki nama umum Philodendron Minima itu mirip seperti Monstera yang sempat booming di tanah air selama pandemi Covid-19. Namun, tanaman tersebut berasal dari keluarga yang berbeda dengan Monstera.

Daun tanaman yang laku terjual itu nampak unik, dengan warna dasar putih dan campuran warna yang sangat langka.

Meski bukan satu keluarga dengan Monstera, banyak yang menyebut tanaman ini sebagai Monstera Mini. Ada juga yang menyebut tumbuhan tropis yang dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan ini dengan nama Picolo.

Juru bicara Trade Me, Millie Silvester, mengatakan kepada CNN, Minggu (13/6), bahwa tanaman itu adalah 'tanaman hias paling mahal yang pernah dijual' di situs lelang.

Tawaran untuk 'Rhaphidophora Tetrasperma beraneka ragam putih yang sangat langka' ditutup Minggu malam. Menjelang empat menit terakhir penawaran tiba-tiba meningkat hingga menemukan penawar tertinggi, di mana 'foliage_patch' kemudian harus bertarung dengan pemenang akhirnya, dengan tag 'meridianlamb'.

"Setelah perang penawaran yang memanas di menit-menit terakhir lelang, tanaman langka itu memiliki lebih dari 102.000 tampilan dan lebih dari 1600 daftar pantauan, yang menunjukkan betapa Kiwi's - sebutan untuk orang Selandia Baru - menyukai tanaman hias," kata Millie Silvester dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email ke CNN.

Silvester mengatakan harga rata-rata untuk tanaman dalam ruangan di Trade Me telah melonjak dari 31,48 dolar AS pada Mei 2019 menjadi 75,93 dolar AS bulan lalu dengan varietas langka menghasilkan harga tinggi.

"Tanaman hias telah menjadi barang 'itu' selama beberapa tahun terakhir, kami telah melihat harga merangkak naik dan naik karena lebih banyak Kiwis melompat pada tren baru ini," katanya.

"Tanaman ini memiliki delapan daun dengan daun kesembilan hampir menggulung. Setiap daun memiliki variegasi yang sangat baik seperti halnya batang dan berakar dengan baik dalam pot 14cm," tulis deskripsi untuk Rhapidophora Tetrasperma yang disediakan oleh penjual bernama 'Hurley88'.

'Variegasi' mengacu pada dua atau lebih warna yang berbeda pada daun tanaman.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA