Farah.ID
Farah.ID

KTT G7 Berakhir, Joe Biden: Amerika Telah Kembali Memimpin Dunia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 14 Juni 2021, 12:19 WIB
KTT G7 Berakhir, Joe Biden: Amerika Telah Kembali Memimpin Dunia
Presiden AS Joe Biden ketika KTT G7 di Cornwall, Inggris/Net
Amerika Serikat (AS) telah kembali ke panggung dunia dan berhasil menumbuhkan lagi kredibilitas di antara para sekutu.

Begitu yang disampaikan oleh Presiden Joe Biden dalam konferensi persnya pada Minggu (13/6), sebelum meninggalkan Cornwall usai mengakhiri KTT G7 selama tiga hari.

"Amerika telah kembali untuk memimpin dunia bersama negara-negara yang memiliki nilai-nilai sama yang paling kami pegang. Saya pikir kami telah membuat kemajuan dalam membangun kredibilitas Amerika di antara teman-teman terdekat kami," kata Biden, seperti dikutip Associated Press.

Membawa slogan "America Is Back" dan "Build Back Better", Biden melakukan kunjungan luar negeri perdananya sebagai presiden ke Eropa. Setelah melakukan KTT G7 dan pertemuan dengan Ratu Elizabeth II, ia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa, Swiss.

Selama pertemuan di Cornwall, Biden telah mengumumkan komitmen AS untuk menyumbangkan 500 juta dosis vaksin Covid-19, menyamakan posisi melawan China, penanganan perubahan iklim, hingga menyerukan tarif pajak perusahaan minimum 15 persen.

Kehadiran Biden mendapatkan sambutan hangat dari negara-negara sekutu AS yang pernah dibuat kecewa oleh pemerintahan Donald Trump.

“Kami benar-benar berada di halaman yang sama,” kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson tentang Biden.

ARTIKEL LAINNYA