Farah.ID
Farah.ID

Bersama NATO, Biden Bahas Agenda Pertemuan Dengan Putin Di Jenewa

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 14 Juni 2021, 15:20 WIB
Bersama NATO, Biden Bahas Agenda Pertemuan Dengan Putin Di Jenewa
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
Pertemuan antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa menjadi salah satu agenda yang akan dibahas oleh NATO.

Setelah KTT G7 di Cornwall, Inggris berakhir, KTT NATO digelar di Brussel, Belgia pada Senin (14/6), seperti dilaporkan Sputnik.

Menurut penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan, Biden akan membahas isu apa saja yang akan ia bahas dengan Putin pada 16 Juni nanti.

"Dia akan memiliki kesempatan untuk berbicara dengan semua sekutu tentang apa yang ingin dia bicarakan dengan Putin. Dia akan melakukannya di balik pintu tertutup... Dia akan pergi ke Jenewa dengan dukungan penuh dan solidaritas dari semua sekutu NATO," kata Sullivan kepada wartawan di atas Air Force One.

Sementara itu, jurubicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Biden sudah tahu apa yang diharapkan dari pertemuan dengan Putin.

"Jadi, dia, tentu saja, telah terlibat dengan Presiden Putin sebelumnya, seperti yang Anda ketahui. Dan, Anda tahu, dia pasti tahu apa yang diharapkan. Pandangannya adalah bahwa ini bukan pertemuan tentang kepercayaan, ini bukan pertemuan tentang persahabatan," kata Psaki.

Sebelumnya, Biden mengatakan dia ingin melakukan konferensi pers terpisah dengan Putin.

Pertemuan antara Biden dan Putin disebut akan membahas berbagai masalah bilateral, termasuk stabilitas strategis dan kontrol senjata.

ARTIKEL LAINNYA