Farah.ID
Farah.ID

Rumania Jadi Negara Eropa Ketiga Yang Melarang Huawei Karena Masalah Keamanan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 14 Juni 2021, 17:33 WIB
Rumania Jadi Negara Eropa Ketiga Yang Melarang Huawei Karena Masalah Keamanan
Ilustrasi/Net
Rumania menambah daftar jumlah negara yang melarang keberadaan Huawei di negara mereka, setelah Presiden Klaus Iohannis menandatangani undang-undang yang pada dasarnya melarang raksasa teknologi China itu terlibat dalam jaringan 5G dengan alasan masalah keamanan nasional.

Mantan Perdana Menteri Rumania Ludovic Orban pertama kali mengumumkan bahwa negaranya sedang mempertimbangkan larangan Huawei 5G November tahun lalu.

Pada bulan April, pemerintah Perdana Menteri Florin Citu menyetujui undang-undang yang mengecualikan raksasa telekomunikasi China, dan ini kemudian disetujui oleh parlemen negara itu.

Undang-undang mengatakan bahwa perusahaan telekomunikasi mungkin tidak dipertimbangkan di Rumania karena "risiko, ancaman, atau kerentanan terhadap keamanan nasional," menurut Euronews .

Ini juga mengharuskan perusahaan yang ingin memasok teknologi dan peralatan untuk jaringan 5G Rumania meminta pendapat Dewan Pertahanan Tertinggi, yang diketuai oleh Presiden Iohannis.

Sebuah pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh AS dan Rumania pada Agustus 2019 mengatakan bahwa “Sebagai bagian dari pendekatan keamanan berbasis risiko, evaluasi yang cermat dan lengkap dari vendor 5G diperlukan,” dengan yang dikendalikan oleh pemerintah asing dan tidak memiliki struktur kepemilikan yang jelas dikesampingkan, menurut laporan Reuters .

Rumania adalah negara Eropa ketiga yang melarang Huawei dari jaringan 5G-nya, mengikuti langkah serupa yang diambil oleh Inggris dan Swedia. AS telah mencurigai Huawei memata-matai pemerintah China, tuduhan yang dibantah oleh Huawei dan Beijing. 
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA