Farah.ID
Farah.ID

Putin: China Tidak Menyatakan Rusia Sebagai Musuh, Seperti Yang Dilakukan Amerika Serikat

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 15 Juni 2021, 07:19 WIB
Putin: China Tidak Menyatakan Rusia Sebagai Musuh, Seperti Yang Dilakukan Amerika Serikat
Presiden Vladimir Putin/Net
China memiliki kemampuan pertahanan yang cukup mapan yang membuktikan bahwa negara itu memiliki sistem keamanan tinggi.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, meskipun memiliki sistem pertahanan tinggi, China bukanlah negara yang 'menakutkan' dan tidak ada alasan bagi Rusia untuk memusuhinya.

“China telah berkembang. Kita bisa melihatnya. Namun, kita tidak perlu khawatir karena faktanya kita juga memiliki kecukupan pertahanan kita, yang berada pada tingkat yang sangat tinggi," kata Putin dalam sebuah wawancara di jaringan televisi AS, NBC, Senin (14/6), seperti dilaporkan Tass.

"Mengapa kita harus khawatir tentang kapal induk China? Di atas segalanya, kami memiliki perbatasan yang sangat luas dengan China, tetapi itu adalah perbatasan darat.  Apakah Anda pikir kapal induk China akan melintasi perbatasan darat kita?" lanjut Putin.
Rusia menganggap China sebagai negara sahabat yang tidak mengancamnya. Bahkan sejauh ini kerja sama dengan Rusia berlangsung baik.

"Kami tidak percaya bahwa China adalah ancaman bagi kami. China adalah negara yang ramah. China tidak menyatakan kami sebagai musuh, seperti yang dilakukan Amerika Serikat," kata Putin.

Selama beberapa dekade terakhir, Rusia dan China membangun hubungan kemitraan strategis, kepercayaan dan kerjasama di semua bidang: politik, ekonomi, teknologi dan kerjasama militer. 
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA