Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Media Mengeluh Terjadi Gangguan Internet Misterius Saat KTT G7, Ada Serangan Siber?

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 15 Juni 2021, 08:37 WIB
Media Mengeluh Terjadi Gangguan Internet Misterius Saat KTT G7, Ada Serangan Siber?
Para pemimpin negara-negara G7 bertemu di Cornwall, Inggris/Net
Sejumlah media di Inggris menyoroti insiden gangguan internet dan jaringan ponsel misterius selama KTT G7 berlangsung di Carbis Bay, Cornwall pada akhir pekan lalu.

Beberapa koresponden media Amerika Serikat (AS) yang meliput acara sebelumnya mengeluh karena gangguan layanan internet selama konferensi pers Gedung Putih. Namun pejabat AS menyebut gangguan terjadi karena koneksi yang buruk.

Sementara itu, Daily Mail menyebut, gangguan tersebut tampaknya berkaitan dengan langkah-langkah keamanan.

Gedung Putih juga mengonfirmasi laporan yang menyatakan intelijen Inggris melindungi para pemimpin G7 dari potensi pengintaian.

"Kami diberitahu bahwa beberapa sesi KTT G7 akan dilakukan dalam format yang lebih aman. Sebagai negara tuan rumah, Inggris akan mengawasi jaringan komunikasi di KTT," kata seorang pejabat Gedung Putih, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (15/6).

Salah satu agenda pembahasan dalam KTT G7 tahun ini merupakan keamanan siber langkah-langkah untuk mengatasinya.

Dalam komunike bersama yang dirilis pada Minggu, para pemimpin G7 meminta negara-negara untuk segera mengidentifikasi dan mengganggu jaringan kriminal ransomware yang beroperasi di dalam perbatasan mereka dan meminta pertanggungjawaban jaringan tersebut atas tindakan mereka.

Masalah keamanan siber juga akan menjadi agenda pertemuan antara Presiden AS Joe Biden dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 16 Juni di Jenewa.

ARTIKEL LAINNYA