Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Pembelian S-400 Dari Rusia, Erdogan Kepada Biden: Posisi Kami Sama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 15 Juni 2021, 08:48 WIB
Bahas Pembelian S-400 Dari Rusia, Erdogan Kepada Biden: Posisi Kami Sama
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden AS Joe Biden bertemu di sela-sela KTT NATO di Brussel pada Senin, 14 Juni 2021/Net
rmol news logo Pembelian sistem rudal pertahanan S-400 buatan Rusia oleh Turki menjadi salah satu pembahasan dalam pertemuan Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Presiden AS Joe Biden.

Dalam pertemuan di sela-sela KTT NATO di Brussels pada Senin (14/6) itu, Erdogan menegaskan kepada Biden bahwa posisi Ankara tidak akan berubah dan akan melanjutkan kesepakatan pembelian S-400 dengan Rusia.

"Kami mengungkapkan pemikiran yang sama tentang S-400 kepada Presiden Biden seperti yang kami miliki sebelumnya, juga mengungkapkan pemikiran yang sama tentang F-35,” kata Erdogan, seperti dimuat Anadolu Agency.

Pembelian S-400 telah memicu ketegangan antara Turki dan AS, dua anggota NATO. Kesepakatan pembelian S-400 telah dinegosiasikan pada 2017, dengan pengiriman tahap pertama dilakukan pada 2019.

AS telah berulang kali mendesak Turki untuk meninggalkan kesepakatan tersebut dan mengancam menjatuhkan sanksi. Namun peringatan Washington tidak diindahkan, dan Ankara justru melanjutkan kesepakatan.

Selain S-400, Erdogan dan Biden juga membahas situasi di Afghanistan. Erdogan mengatakan, dukungan keuangan, diplomatik, dan logistik dari AS akan sangat penting jika pasukan Turki tetap berada di Afghanistan setelah NATO menarik semua pasukannya.

Erdogan juga mengundang Biden untuk mengunjungi Turki, sementara Biden tidak mengesampingkan undangan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA