Farah.ID
Farah.ID

Erdogan: Tidak Ada Masalah Yang Tidak Dapat Diselesaikan Dalam Hubungan Turki-AS, Termasuk Soal S-400

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 15 Juni 2021, 09:48 WIB
Erdogan: Tidak Ada Masalah Yang Tidak Dapat Diselesaikan Dalam Hubungan Turki-AS, Termasuk Soal S-400
Recep Tayyip Erdogan/Net
Turki dan AS telah sepakat untuk menggunakan saluran dialog langsung secara efektif dan teratur, sesuai dengan kedua sekutu dan mitra strategis. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan hal itu pada konferensi pers di Brussels, Belgia setelah pertemuan puncak NATO.

"Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan dalam hubungan Turki-AS,” katanya, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (15/6).

"Bidang kerja sama lebih luas dan lebih kaya daripada bidang masalah," tambahnya.

Erdogan dan Presiden AS Joe Biden mengadakan pertemuan tertutup selama KTT. Kedua pemimpin bertemu untuk pertama kalinya sejak Biden menjabat pada Januari.

Biden juga mengatakan dalam konferensi pers terpisah bahwa dia melakukan "pertemuan yang sangat baik" dengan rekannya dari Turki.

Erdogan mengatakan dia bertukar pandangan dengan Biden, yang telah lama berteman dengannya.

“Kami mengevaluasi langkah-langkah yang dapat diambil untuk sepenuhnya mewujudkan potensi ekonomi di antara kami, dengan mempertimbangkan peluang baru yang akan muncul setelah pandemi (virus corona),” kata Erdogan, menyoroti pentingnya menghidupkan kembali kerja sama bilateral dan konsultasi regional yang ada. mekanisme antara kedua negara.

Dalam kesempatan itu, Erdogan juga mengatakan bahwa dirinya mengundang Biden untuk mengunjungi Turki, menambahkan presiden AS itu mungkin akan segera mengunjungi negaranya.

Menanggapi pertanyaan tentang pembelian sistem rudal S-400 Rusia oleh Turki, Erdogan mengatakan: “Kami mengungkapkan pemikiran yang sama tentang S-400 kepada Presiden (Biden) seperti yang kami miliki sebelumnya, (dan) juga menyatakan pemikiran yang sama tentang F -35."

“Tentu semua upaya ini tidak berakhir di sini hari ini. Dalam proses selanjutnya, Menlu dan Menhan kita akan bertemu dengan rekan-rekan mereka untuk mengerjakan proses ini,” demikian Erdogan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA