Farah.ID
Farah.ID

Microsoft Umumkan Tanggal Pensiun Windows 10

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 15 Juni 2021, 11:24 WIB
Microsoft Umumkan Tanggal Pensiun Windows 10
Ilustrasi/Net
Raksasa perusahaan perangkat lunak AS Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri dukungan untuk sistem operasi Windows 10 pada 14 Oktober 2025. Ini akan menandai lebih dari 10 tahun sejak sistem operasi tersebut pertama kali diperkenalkan.

Pengumuman tanggal pensiun untuk Windows 10 tersebut disampaikan Microsoft di halaman dukungan untuk OS mereka.

The Verge melaporkan bahwa ini adalah pertama kalinya Microsoft menggambarkan akhir dukungan untuk Windows 10. Ini bisa menjadi petunjuk lain bahwa versi baru Windows sedang dalam perjalanan.

Microsoft sendiri telah memberikan banyak petunjuk bahwa mereka siap untuk meluncurkan sistem operasi baru mereka, Windows 11.

Pembuat perangkat lunak tersebut mengadakan acara Windows khusus untuk mengungkapkan "generasi berikutnya" dari OS pada minggu depan. Undangan acara menyertakan animasi jendela yang membuat bayangan dengan garis besar yang terlihat seperti angka 11.

Eksekutif Microsoft juga telah menggoda pengumuman 'generasi Windows berikutnya' selama berbulan-bulan, dan bahkan ada yang menggambarkannya sebagai 'versi baru Windows' baru-baru ini.

Microsoft juga telah menampilkan apa yang nampaknya Windows 11 selama video 11 menit minggu lalu.

Mereka awalnya berkomitmen untuk 10 tahun dukungan untuk Windows 10, dengan tanggal akhir dukungan arus utama asli ditetapkan pada 13 Oktober 2020. Akhir dukungan utama itu belum dimulai, karena Microsoft telah memperkenalkan pembaruan rutin dan memperluas dukungan aktif Windows 10.

Windows 10 telah menjadi rilis yang tidak biasa bagi Microsoft, karena beralih dari irama khasnya merilis versi baru OS setiap beberapa tahun. Sebaliknya, Microsoft memindahkan Windows ke lebih banyak layanan, memperbaruinya dua kali setahun dengan fitur-fitur baru.

Microsoft mungkin telah menggambarkan Windows 10 sebagai 'versi terakhir Windows', tetapi sekarang sudah hampir enam tahun sejak dirilis dan Microsoft tampaknya siap untuk beralih ke sesuatu yang baru.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA