Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Para Menhan ASEAN Bertemu, Bahas Kode Etik Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 15 Juni 2021, 12:34 WIB
Para Menhan ASEAN Bertemu, Bahas Kode Etik Laut China Selatan
Laut China Selatan/Net
rmol news logo Menteri pertahanan negara-negara ASEAN melakukan pertemuan secara virtual untuk membahas sejumlah isu keamanan regional, termasuk Laut China Selatan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pertemuan dua hari para menhan ASEAN dimulai pada Selasa (15/6). Selain dihadiri 10 menhan ASEAN, pertemuan itu juga akan diikuti delegasi dari China, Amerika Serikat, Jepang, dan India.

Brunei, sebagai Ketua ASEAN, menjadi tuan rumah dalam pertemuan tersebut. Dalam pernyataan singkatnya, Brunei tidak merinci agenda pembahasan pertemuan atau perwakilan masing-masing negara.

Dimuat Nikkei Asia, pertemuan tersebut kemungkinan akan mencakup pembahasan Kode Etik Laut China Selatan. Lantaran pada pertemuan para menteri luar negeri (menlu) pekan lalu, ASEAN dan China sepakat mempercepat dimulainya kembali perundingan kode etik yang terhenti akibat pandemi Covid-19.

Laut Cina Selatan juga telah menjadi subjek utama dalam pertemuan para menteri pertahanan ASEAN sebelumnya.

Pada Desember, ASEAN mengeluarkan pernyataan yang menekankan pentingnya mempromosikan keamanan maritim, keselamatan dan kebebasan navigasi dan penerbangan, dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk penyelesaian sengketa secara damai di Laut Cina Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA