Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Baru Sehari Dibuka, Sudah Ada 450.000 Orang Arab Saudi Yang Mendaftar Haji 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 16 Juni 2021, 07:22 WIB
Baru Sehari Dibuka, Sudah Ada 450.000 Orang Arab Saudi Yang Mendaftar Haji 2021
Jemaaah melaksanakan ibadah haji dengan protokol kesehatan ketat pada Juli 2020/Net
rmol news logo Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan pembatasan kembali kuota haji karena adanya pandemi. Namun, itu tidak menyurutkan para pendaftar yang ingin melaksanakan salah satu rukun Islam tersebut.

Kementerian Haji dan Umrah mengatakan bahwa lebih dari 450.000 orang di Arab Saudi telah mendaftar untuk melakukan haji tahun ini dalam waktu 24 jam sejak platform pendaftaran online dibuka.

“Jalur digital menerima lebih dari 450.000 aplikasi untuk melakukan haji, termasuk penduduk dan warga negara, dalam 24 jam pertama pembukaan pendaftaran,” kata kementerian itu, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Selasa (15/6).

Menurut pengumuman itu, 60 persen pelamar adalah laki-laki sementara 40 persen lainnya adalah perempuan.

Tahun ini, untuk pertama kalinya, Arab Saudi mengizinkan perempuan mendaftar haji tanpa wali laki-laki.

"Yang mau menunaikan haji harus mendaftar sendiri-sendiri. Perempuan bisa mendaftar tanpa mahram (wali laki-laki) bersama perempuan lain," jelas Kementerian dalam infografik, Minggu (13/6).

Kerajaan akan membatasi haji tahun ini hanya untuk 60.000 penduduk dan warga negara yang tinggal di Kerajaan, merujuk pada pandemi virus corona yang belum mereda.

Mereka yang berusia antara 18-65 dan telah divaksinasi lengkap, telah menerima dosis pertama setidaknya 14 hari sebelumnya, atau mereka yang divaksinasi dan telah pulih dari infeksi Covid-19 diizinkan untuk mendaftar.

Selain syarat-syarat itu, belum ada rincian tentang bagaimana sistem penyaringan untuk menentukan siapa yang masuk dalam kelompok 60.000 jemaah yang diijinkan menunaikan ibadah haji dari ratusan ribu pendaftar.

“Kementerian Haji dan Umrah menegaskan bahwa pemerintah Kerajaan Arab Saudi selalu mengutamakan keselamatan, kesehatan, dan keamanan jemaah,” demikian laporan resmi Saudi Press Agency (SPA). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA