Farah.ID
Farah.ID

Akhiri Perselisihan Boeing-Airbus, AS Dan Uni Eropa Bersatu Lawan Industri Penerbangan China

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 16 Juni 2021, 09:35 WIB
Akhiri Perselisihan Boeing-Airbus, AS Dan Uni Eropa Bersatu Lawan Industri Penerbangan China
Boeing dan Airbus/Net
Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) telah sepakat untuk mengakhiri sengketa perdagangan 16 tahun terkait Boeing dan Airbus. Alih-alih, mereka sepakat untuk mengerahkan fokus melawan China.  

Perwakilan dagang AS, Katherine Tai mengatakan, berdasarkan kesepakatan yang dicapai, AS dan UE akan menangguhkan tarif perdagangan terkait perselisihan selama 5 tahun, meski kemungkinan diberlakukan kembali masih tetap ada.

"Tarif ini akan tetap ditangguhkan selama dukungan UE untuk Airbus konsisten dengan ketentuan perjanjian ini," ujar Tai pada Selasa (15/6).

Tai mengatakan, perjanjian itu menandai kemajuan signifikan menuju pencapaian solusi jangka panjang untuk mengakhiri perselisihan selama 16 tahun.

Sejak 2004, AS dan UE berselisih dengan Washington menyebut Airbus menerima pinjaman pemerintah bersubsidi. UE telah membantah tudingan tersebut dan menuding AS memberikan subsidi pajak pada Boeing.

Lebih lanjut, AS dan UE juga sepakat untuk melawan China dalam industri penerbangan.

“Kami akhirnya bersatu melawan ancaman bersama. Kami sepakat untuk bekerja sama untuk menantang dan melawan praktik non-pasar China di sektor ini dengan cara khusus yang mencerminkan standar kami untuk persaingan yang adil. Ini termasuk kolaborasi dalam investasi masuk dan keluar serta transfer teknologi," pungkas Tai.

ARTIKEL LAINNYA