Farah.ID
Farah.ID

Biden Nominasikan 9 Nama Baru Utusan Luar Negeri AS, Thomas Nides Jadi Calon Dubes Untuk Israel

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 16 Juni 2021, 10:57 WIB
Biden Nominasikan 9 Nama Baru Utusan Luar Negeri AS, Thomas Nides Jadi Calon Dubes Untuk Israel
Presiden Joe Biden/Net
Presiden AS Joe Biden menominasikan sembilan nama baru untuk menjabat sebagai duta besar mereka, termasuk untuk NATO dan Israel.

Politico melaporkan, para calon yang dinominasikan Biden terdiri dari lima pejabat politik dan empat pejabat pemerintah karir.  

Beberapa pihak memperkirakan Biden akan merilis daftar tersebut bulan lalu, tetapi beberapa kendala telah menyebabkan itu tertunda.

Salah satu nama yang paling terkenal adalah Thomas Nides, yang dicalonkan oleh Biden sebagai utusan Washington untuk Israel.

Sebelumnya Nides pernah menjabat dalam pemerintahan Obama di Departemen Luar Negeri sebagai wakil sekretaris Negara untuk Manajemen dan Sumber Daya.

Tidak adanya duta besar AS di lapangan selama pemboman Israel bulan lalu di Gaza menuai kritik terhadap Biden.

Sementara itu, ketika Biden ingin menghidupkan kembali hubungan AS dengan sekutu Eropanya, Gedung Putih mengumumkan penunjukan Julianne Smith sebagai duta besar berikutnya untuk NATO.

Sementara mantan senator dan sekretaris dalam negeri Ken Salazar telah ditunjuk untuk menjadi duta besar berikutnya untuk Meksiko.

Sullenberger akan dinominasikan sebagai perwakilan AS untuk Dewan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional. Tindakannya tahun 2009, yang disebut 'Miracle on the Hudson', telah menghasilkan film dan ketenaran lainnya.

Penunjuk politik kelima adalah Cynthia Ann Telles, seorang pembicara bahasa Spanyol yang fasih yang akan diangkat sebagai duta besar untuk Kosta Rika.  

Empat pejabat pemerintah karir yang dinominasikan adalah: Julie Chung, saat ini menjabat sebagai asisten menteri luar negeri untuk urusan Belahan Barat untuk jabatan di Sri Lanka, Sharon Cromer, seorang pejabat USAID untuk jabatan di Gambia, Troy Fitrell yang saat ini direktur Kantor Departemen Luar Negeri Urusan Afrika Barat untuk Guinea, dan Marc Ostfield, ombudsman Departemen Luar Negeri untuk Paraguay.

Gedung Putih telah menepis kritik bahwa Biden terlambat dengan nominasi duta besarnya. Daftar hari ini menjadikan total nominasi duta besar Biden menjadi 19.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA