Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Desak ASEAN Dan China Segera Selesaikan Kode Etik Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 16 Juni 2021, 15:49 WIB
India Desak ASEAN Dan China Segera Selesaikan Kode Etik Laut China Selatan
Menteri Pertahanan India Rajnath Singh/Net
rmol news logo India mendorong agar ASEAN dan China segera menyelesaikan Kode Etik Laut China Selatan pada tahun ini untuk mencegah ketegangan di kawasan lebih lanjut.

Dorongan itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan India Rajnath Singh dalam Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM) Plus pada Rabu (16/6), seperti dimuat The Hindustan Times.

Dalam pertemuan tersebut, India menyerukan tatanan yang bebas, terbuka, dan inklusif di Indo-Pasifik berdasarkan penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah, penyelesaian sengketa secara damai, dan kepatuhan terhadap hukum internasional.

"India berharap negosiasi Kode Etik akan mengarah pada hasil yang sesuai dengan hukum internasional, termasuk UNCLOS dan tidak merugikan hak dan kepentingan sah negara-negara yang tidak pihak dalam diskusi ini," lanjutnya.

China telah mengklaim 90 persen dari Laut China Selatan, meski Pengadilan Arbitrasi Permanen di Den Haag telah memutuskan klaim tersebut pada 2016.

Pekan lalu, ASEAN dan China sepakat untuk dimulai kembalinya negoasi yang sempat terhenti akibat pandemi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA