Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Covid-19 Meningkat, UEA Desak Warga Patuhi Prokes Dengan Memakai Masker, Jaga Jarak Dan Lakukan Vaksinasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 16 Juni 2021, 17:30 WIB
Kasus Covid-19 Meningkat, UEA Desak Warga Patuhi Prokes Dengan Memakai Masker, Jaga Jarak Dan Lakukan Vaksinasi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Uni Emirat Arab (UEA) kembali mendesak penduduknya mematuhi langkah-langkah pencegahan yang diberlakukan oleh Otoritas Manajemen Krisis dan Bencana Nasional (NCEMA) untuk membatasi penyebaran Covid-19 menjelang perayaan Idul Adha pada Juli mendatang.

Desakan itu muncul setelah NCEMA melaporkan pada Selasa (15/6) bahwa kegagalan untuk mematuhi protokol keselamatan Covid-19, termasuk mengenakan masker, tidak menjaga jarak sosial, dan mengadakan pertemuan besar telah berkontribusi pada peningkatan kasus Covid-19 di seluruh UEA.

Otoritas kesehatan juga mengatakan peningkatan jumlah infeksi telah dicatat di seluruh UEA sejak Idul Fitri yang berlangsung Mei lalu.

Juru bicara sektor kesehatan  Farida al-Hosani mengatakan UEA telah meminta anggota masyarakat yang tidak divaksinasi untuk mengambil vaksin yang tersedia untuk melindungi diri mereka dari virus.

Menurut al-Hosani, UEA kini telah memvaksinasi 87,17 persen populasi yang memenuhi syarat di atas usia 16 tahun dan lebih dari 99,52 persen penduduk lansia.

“UEA berada di garda terdepan negara-negara Arab dalam menangani Covid-19,” katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Rabu (16/6).

NCEMA mengatakan strain mutan baru Covid-19 menimbulkan risiko tinggi bagi penduduk, terutama mereka yang belum divaksinasi.

"Varian virus terus dipantau untuk mengidentifikasi perkembangan terbaru dan dampaknya terhadap efisiensi vaksinasi," kata organisasi kesehatan itu dalam sebuah tweet.

"Varian tersebut menimbulkan risiko tinggi bagi masyarakat, terutama orang yang divaksinasi. Oleh karena itu, kami mengimbau orang-orang yang tidak divaksinasi untuk mengambil vaksin," lanjutnya.

Badan kesehatan itu mengatakan UEA terus melakukan studi tentang efisiensi dan dampak vaksin Covid-19.

Hingga saat ini, katanya, Kementerian Kesehatan UEA, bersama dengan mitra akademik, telah melakukan lebih dari 400 studi medis ilmiah sebagai bagian dari upaya untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang virus dan memerangi pandemi.

"Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mereka yang telah divaksinasi lengkap adalah mereka yang telah menerima dosis booster kurang rentan terhadap infeksi, komplikasi, rawat inap, dan kebutuhan akan ventilator dibandingkan dengan individu yang tidak divaksinasi," kata NCEMA.

“Kami merekomendasikan agar individu yang memenuhi syarat bergegas dan mendapatkan vaksin untuk melindungi diri mereka sendiri, keluarga mereka dan masyarakat, dan mendukung upaya nasional untuk mencapai kekebalan sosial dan mendapatkan fase pemulihan," katanya.

Uni Emirat Arab telah melihat kasus harian meningkat selama beberapa minggu terakhir.

"UEA mencatat 2.127 infeksi virus corona baru, 2.094 pemulihan dan empat kematian dalam 24 jam," kantor berita negara WAM melaporkan pada hari Selasa.

Hingga Selasa (15/6), ada 601.950 total kasus yang didiagnosis di UEA sejak awal pandemi dan jumlah kematian telah mencapai 1.734. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA